MEMAHAMI PROSES BELAJAR ANAK SD
DAN IMPLIKASINYA DALAM KBM
A. PENGERTIAN BELAJAR
Pada masa lalu ada ahli yang menganggap belajar semata-mata adalah proses kimia yang terjadi dalam sel-sel terutama sel otak dan syaraf. Secara singkat dan umum, belajar diartikan sebagai perubahan pelaku yang relative tetap sebagai hasil adanya pengalaman.
1. Menurut Walker belajar adalah perubahan perbuatan sebagai akibat dari pengalaman.
2. Menurut C.T. Morgan belajar adalah suatu perubahan yang relative menetap dalam tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu.
3. Menurut Good dan Boophy belajar adalah proses yang terjadi dalam individu dalam memperoleh berbagai hubungan baru.
4. Menurut Crow dan Crow belajar adalah memperoleh kebiasaan , pengetahuan, dan sikap untuk meneyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.
5. Menurut Hintzman belajar merupakan perubahan pada organisme karena pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organism.
6. Menurut Laurine belajar merupakan proses modifikasi untuk memperteguh kelakuaan melalui pengalaman.
7. Menurut Atkinson mengemukakan belajar sebagai prerubahan yang relative permanen pada perilaku akibat latihan.