Citra merupakan salah satu hal terpenting dari suatu perusahaan. Dengan citra yang baik, pastinya akan memberikan nilai positif tersendiri bagi perusahaan. Nilai positif tersebut sangat diperlukan bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari publik agar eksistensinya dapat terus berlanjut. Disini peran PR sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam membangun citra perusahaan. Oleh karena itu, PR harus mengetahui persyaratan mendasar yang harus dimiliki :
1. Ability to Communicate (Kemampuan Berkomunikasi)
Bagi seorang PR, pastinya diwajibkan untuk memiliki kemampuan berbicara yang baik di depan umum, baik itu dalam bentuk lsan dan tulisan.
2. Ability to Organize (Kemampuan Manajerial atau Kepemimpinan)
Seorang PR diharapkan memiliki kemampuan untuk mengantisipasi permasalahan baik di dalam dan luar perusahaan, termasuk kemampuan untuk menyusun dan melaksanakan rencana kegiatan.
3. Ability to Get On with People (Kemampuan Bergaul atau Membina Relasi)
Kemampuan ini merupakan suatu kemampuan dimana PR mampu untuk melakukan hubungan dan bekerja sama dengan berbagai macam individu
4. Personality Integrity (Memiliki Kepribadian yang Utuh atau Jujur)
Seorang PR diharapkan memiliki kredibilitas yang tinggi, yaitu dapat diandalkan dan dipercaya oleh orang lain serta dapat diterima sebagai orang yang memiliki kepribadian utuh atau jujur.
5. Imagination (Kreatif dengan Memunculkan Banyak Ide)
Memiliki wawasan yang luas dan mengetahui benang merah sebuah permasalahan serumit apapun merupakan salah satu persyaratan wajib bagi seorang publik relation, menjadi PR harus mampu mengkreasikan program-program dengan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI