Mohon tunggu...
Dhea Nuraeni
Dhea Nuraeni Mohon Tunggu... Lainnya - dheanuraeni

Hiduplah seolah-olah kamu akan mati besok. Belajarlah seolah-olah kamu akan hidup selamanya. - Mahatma Gandhi -

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Melalui Kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19

15 Desember 2020   18:00 Diperbarui: 17 Desember 2020   21:12 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dhea Nuraeni - Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Virus Corona (Covid - 19) merupakan wabah penyakit yang secara cepat tersebar di seluruh dunia, sehingga WHO secara resmi menyebut bahwa virus corona saat ini merupakan pandemi. Sampai saat ini di Indonesia kasus terkonfirmasi positif covid – 19 masih terus bertambah dari hari ke hari. Pandemi virus corona atau pandemi covid – 19 menyebabkan berbagai dampak bagi kehidupan, salah satunya berdampak pada Pendidikan. Adanya pandemic covid – 19 saat ini membuat system pembelajaran berubah dari pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Guru dan peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah masing – masing dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajarannya.

Pembelajaran daring dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini  dapat memudahkan guru dan peserta didik melaksanakan pembelajaran daring. Pada dasarnya kegiatan pembelajaran daring saat ini sulit untuk diimplemtasikan secara maksimal oleh guru dan peserta didik khusunya pada jenjang Sekolah Dasar. Orang tua juga mau tidak mau harus ikut turun tangan membimbing peserta didik selama belajar daring bersama guru. Tidak sedikit masalah yang muncul ketika pembelajaran daring berlangsung, seperti adanya peserta didik yang tidak memeiliki alat teknologi untuk melaksanakan proses pembelajaran dan keterbatasan pemahaman teknologi antara guru, orang tua, dan siswa. Namun berbagai permasalahan yang muncul tersebut harus dihadapi oleh guru, peserta didik, dan orang tua dengan melakukan berbagai solusi agar peserta didik tetap mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Universitas Pendidikan Indonesia adalah salah satu Universitas yang mencoba ikut serta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dampak Covid – 19 di bidang pendidikan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan KKN harus dilaksanakan oleh mahasiswa di daerah masing – masing mahasiswa dengan berbagai program KKN. Salah satu program yang harus dilaksanakan dalam kegiatan KKN adalah program penguatan dan pendampingan pembelajaran daring.

Saya sendiri melaksankan kegiatan KKN  di SDN Panyingkiran 3 Sumedang dengan sasaran peserta didik kelas II dan guru kelas II serta guru kelas V. Pelaksanaan program pendampingan pembelajaran daring bagi peserta didik dilakukan pada siswa kelas II di SDN Panyingkiran 3 Sumedang dengan melakukan kegiatan bimbingan belajar di luar jam pelajaran. Kegiatan dilakukan dengan pemberian materi  yang kurang dipahami pada mata pelajaran matematika melalui whatsapp group dengan bantuan media video untuk menjelaskan materi yang kurang dipahami siswa. Dengan adanya kegiatan bimbingan belajar tersebut orang tua dan siswa merasa terbantu untuk lebih memahami materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru sebelumnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan penguatan pembelajaran daring bersama guru kelas II dan guru kelas V di SDN Panyingkiran 3, kegiatan diawali dengan diskusi mengenai media pembelajaran yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran daring. Kemudian saya bersama guru kelas merancang dan membuat media pembelajaran berupa video dan gambar untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran bagi siswa agar lebih mudah untuk dipahami oleh siswa. Dengan memanfaatkan media video dan gambar dalam proses pembelajaran daring, siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru.  

Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, media pembelajaran dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran pada siswa dan juga dengan adanya media pembelajaran yang menarik dapat membuat siswa lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Melalui kegiatan KKN ini semoga dapat membantu guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring agar terus berusaha untuk tetap melaksanakan proses pembelajaran dengan sebaik mungkin. Selain itu dengan adanya berbagai kegiatan KKN yang telah dilakukan dapat menjadi sarana bertukar ilmu antara guru dan mahasiswa untuk terus membuat pendidikan di Indonesia semakin baik meskipun di tengah pandemi corona saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun