Mohon tunggu...
Dhea Aida Noer Rachmah
Dhea Aida Noer Rachmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam

Tanpa Berita anda bukan siapa-siapa!!.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivation Letter Beasiswa BI

13 Juni 2023   10:56 Diperbarui: 13 Juni 2023   11:00 941
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MOTIVATION LATER

Yth

Panitia Penyelenggara Program Beasiswa

Bank Indonesia (BI)

Terlahir sebagai anak pertama dari tiga bersaudara mengharuskan saya menjadi teladan bagi kedua adik perempuan saya, dari mulai kelas 3 SMA saya sudah mencoba berjualan kecil-kecilan kepada teman-teman saya di sekolah, saya berjualan cemilan makroni bantet, tapi hal itu tidak berlangsung lama karena semenjak kuliah, saya belum mulai usaha makroni bantet lagi sebab keterbatasan dalam modal serta kurangnya minat konsumen.

Berlatar belakang dari keluarga yang sederhana, ayah saya bekerja sebagai pedagang mainan, serta ibu saya sebatas ibu rumah tangga, dengan pendapatan ayah saya yang tidak menentu, membuat saya semangat untuk bisa membahagiakan kedua orang tua saya dengan prestasi yang saya miliki, dari mulai SMA saya  aktif dalam perlombaan pidato, kelas 10 saya sudah memenangkan juara 1 lomba pidato se-kabupaten Cirebon 2018, kelas 11 saya kembali memenangkan juara 1 lomba pidato se-kabupaten Cirebon 2019, di lanjut saya meraih juara harapan lomba pidato harapan 3 se-provinsi Jawa Barat 2019. Tak membuat saya puas, ketika beranjak kuliah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, saya kembali ikut memenangkan juara 1 lomba pidato se-jurusan KPI, dan saya pernah menjadi perwakilan volunteer Jawa Barat yang diadakan oleh Reswara Indonesia dalam Ekspedisi jejak budaya 2 Nasional.

Dengan adanya program besiaswa yang diadakan oleh Bank Indonesia dengan membentuk suatu organisasi sebagai wadah pembangunan dan pengembangan secara non formal bagi seluruh mahasiswa yang menerima Beasiswa Bank Indonesia yakni Generasi Baru Indonesia (GenBI), tak lepas dari kegiatan GenBI yang membawa mamfaat mendalam dalam pengembangan soft skill serta bekal dalam mengelola organisasi saya di masyarakat yaitu Karang Taruna. Berdasarkan hal tersebut menjadi motivasi mendalam bagi saya untuk ikut serta bergabung dalam organisasi Generasi Baru Indonesia (GenBI) dalam membawa pengalaman organisasi saya di dalam kampus maupun luar kampus serta membawa pada suatu kerjasama dengan teman lain yang tergabung sebagai penerima Beasiswa Bank Indonesia, sejalan dengan minat studi yang saya ambil di fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam dengan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Isalam, mengambil prodi ini sebab, melihat tayangan televisi yang jauh dari nilai-nilai dan moral untuk di pertontonkan kepada anak yang dibawah umur, maka jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini membuka peluang untuk mahasiswa yang terjun dalam dunia pertelevisian, baik penyiar, jurnalistik ataupun seorang ustadz dan ustadzah, yang bisa memberikan pembaharuan agar Film yang ditayangkan memiliki pesan dakwah dan berita yang ditayangkan di televisi bisa sesuai dengan kode etik jurnalistik artinya tidak memihak pada siapapun.

Besar harapan saya untuk bisa ikut tergabung menjadi bagian dari Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang secara tidak langsung pula menjadi bagian dari Bank Indonesia dengan menjadi penyiar Podcast, penulis berita selama kegiatan yang dilaksanakan oleh GenBi ataupun seorang fhotografer dalam dokumentasi kegiatan (GenBI) untuk memberikan out put besar baik bagi diri saya sendiri dan lingkungan sekitar.

           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun