Mohon tunggu...
Dhea Prihanti
Dhea Prihanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Magister Manajemen-Universitas Sebelas Maret

-

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Suksesnya BTS Meal di Saat Pandemi

1 Juli 2021   11:06 Diperbarui: 1 Juli 2021   11:35 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peluncuran produk baru McDonald'berkolaborasi dengan BTS  boy band asal Korea Selatan yang di luncurkan di Indonesia pada tanggal 9 Juni 2021 mendadak viral karena telah di nanti oleh ARMY (sebutan fans BTS) di Indonesia.

BTS Meal tersebut telah dijual di seluruh gerai restoran McDonald's di tanah air, jadi tidak hanya di Jakarta saja para ARMY bisa merasaka BTS Meal ini. Sebelum diluncurkan di Indonesia, BTS Meal sudah hadir di beberapa negara lainnya, dengan total diluncurkan ke 50 negara di dunia.

Di Indonesia, saat peluncuran BTS Meal terjadi kepadatan antrian ratusan driver ojol di semua gerai McDonald's Indonesia. BTS McDonald's sendiri memang hanya tersedia dalam pesan-antar melalui McDonald'sdelevery, Drive thru, Gofood, Grabfood dan Shopee food. Dengan alasan keselamatan dan kesehatan konsumen dan karyawan MCDonals's ditengan pandemi Covid-19 ini.

Menu BTS Meal ini terdiri dari 9Pcs Chiken Mcnuggets, french fries dan minuman bersoda ukuran medium. Yang sepesial dari paket ini adalah hadirnya dua saus favorit personel BTS yaitu Cajun dan Sweet Chilli, serta pengemasan serba ungu yang diidentikan dengan BTS. Harga paket menu BTS meal dibandrol sekitar Rp.50.000,- setelah pajak.

Tidak luput tentang viralnya BTS Meal di Indonesia saja, ternyata keuntungan yang di dapat McDonald's berkolaborasi dengan BTS ini ternyata sangat fantastis hingga mencapai Rp.128 Miliar, hampir 4x lebih besar dari pendapatan domestik McDonald's di Korea Selatan.

McDonald's sendiri tekenal dengan taktik jitunya dalam memasarkan produknya.  Mengikuti viralnya BTS Meal, bukan tidak mungkin bahwa hal ini merupakan sinyal positif sebagai pemulihan sektor bisnis resto yang saat pandemi mengalami penurunan kinerja. Lalu kira-kira strategi apakah yang dibangun McDonald's dalam kolaborasinya dengan BTS?

Brand communication strategy

Perhitungan soal ARMY dilakukan McDonald's sebagai proyeksi seberapa banyak BTS Meal yang akan mampu dijual oleh perusahaan ini di Indonesia. ARMY Indonesia sendiri merupakah jumlah ARMY terbesar ke-2 di dunia setelah Korea Selatan dengan rentang usaia dibawah 30 tahun. Dengan banyaknya jumlah tersebut maka McDonald's telah berhasil dalam mempromosikan BTS Meal di Indonesia, dilihat dari antusiasme penggemar BTS di Indonesia.

Pengemasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun