Fenomena terbaru yang terjadi di era ini adalah fenomena Hallyu atau Korean wave yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di dunia Barat. Korean wave mengacu pada penyebaran budaya Korea Selatan di seluruh dunia atau rasa cinta pada budaya Korea Selatan. Demam Korea mengacu pada peningkatan signifikan dalam popularitas budaya Korea Selatan di seluruh dunia, terutama di kalangan remaja. Hallyu atau Korean wave pada dasarnya adalah sebuah fenomena demam Korea yang disebarkan oleh budaya populer Korea ke seluruh dunia melalui media massa dan media seperti internet dan televisi.
Para remaja berusaha untuk berpakaian secara berbeda dan inovatif. Oleh karena itu, mereka memilih untuk berpakaian ala Korea. Ini adalah mode yang penuh dengan penampilan berbeda hingga yang paling lucu. Fashion Korea penuh dengan tekstur, lapisan, dan bentuk. Selain dari hal tersebut para remaja yang telah melihat idola dan aktor Korea favorit mereka menggunakan salah satu brand fashion membuat mereka para remaja juga ingin mencoba tren fashion Korea ini.
Indonesia yang saat ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia merupakan rumah bagi jutaan K-popers atau pecinta K-pop. Keberadaan artis K-pop saat ini banyak mempengaruhi pemikiran para milenial dalam beberapa hal. Misalnya dalam hal fashion, dengan minat penduduk Indonesia untuk mempelajari budaya Korea hal tersebut semakin meningkat. Seperti yang kita lihat, mengapa remaja menyukai fashion Korea? Ada banyak alasan yang di miliki masing -- masing penyuka fashion. Selera mode ini membuat ketertarikan pada budaya Korea yang mana hal tersebut membuat suatu budaya populer di kalangan masyarakat dan erat pada kehidupan mereka.
Budaya yang sudah masuk pada kehidupan seseorang akan terus melekat dan terus tumbuh pada lingkungan sekitarnya. Semakin merebaknya Korean Wave di berbagai belahan dunia, selera fashion Korea Selatan juga cukup menarik peminat. Terbukti dengan banyaknya fans yang mengikuti gaya berbusana sang idola saat tampil di atas panggung. Fashion sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang di dunia, bahkan fashion sekarang sudah disebut sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi. Apa yang dipakai seseorang merupakan gambaran dari jati diri sendri.
Budaya pop yang saat ini melanda berbagai macam negara terutama negara-negara di Asia adalah budaya pop yang berasal dari Korea Selatan. Budaya populer sangat melekat sekali dengan kehidupan masyarakat. Hampir semua masyarakat mengikuti budaya populer dan sudah menjadi gaya hidup mereka. Budaya populer merupakan budaya dari masyarakat tertentu. Penyebaran informasi pada media massa saat ini berkaitan dengan budaya populer atau dikenal sebagai budaya pop.
Menurut (Sari, 2015) budaya pop secara sosiologis merupakan budaya yang sedang trend, banyak diminati dan cepat berganti. Kebudayaan populer biasanya berkaitan dengan masalah keseharian yang dapat dinikmati oleh semua orang atau kalangan orang tertentu, seperti musik, film, fashion, dan lain -- lain yang dikonsumsi oleh sebagian besar populasi masyarakat dengan jenis media yang memiliki aksesibilitas dan daya tarik massa. Budaya populer pada fashion disini dapat  memicu timbulnya perubahan gaya sikap dan perilaku bagi para remaja. Beberapa dimensi signifikan mendorong pertumbuhan budaya populer lokal di pasar global. Bagian terpenting dari tren fashion ini adalah evolusi media sosial dan pengaruhnya di ranah produk budaya lokal, karena penggemar di seluruh dunia, termasuk Amerika Utara, banyak mengakses media sosial untuk menikmati K-pop.
Menurut (Wicaksono, 2021) ada sejumlah elemen dari budaya populer. Budaya populer mencakup aspek kehidupan kita yang paling langsung dan kontemporer. Aspek-aspek ini sering mengalami perubahan yang cepat, terutama di dunia yang sangat berteknologi di mana orang-orang dibawa lebih dekat oleh media yang ada di mana-mana. Standar tertentu dan kepercayaan yang dipegang secara umum tercermin dalam budaya pop. Karena kesamaannya, budaya pop mencerminkan dan memengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat. Dengan memperhatikan aspek-aspek mendasar ini, budaya populer dapat didefinisikan sebagai produk dan bentuk ekspresi dan identitas yang sering ditemui atau diterima secara luas, disukai atau disetujui, dan karakteristik masyarakat  pada waktu tertentu.
Gelombang Hallyu atau tren fashion di Indonesia seharusnya menjadi pemacu semangat yang nyata untuk membuat perubahan bagi remaja di dunia maupun di  Indonesia.  Korean wave sangat menarik untuk dipelajari dan dapat menjadi inspirasi bagi kita dalam modernisasinya. Ada semangat perubahan terus-menerus di dalamnya yang tentunya dengan tidak meninggalkan budaya lokal. Setiap kita dipengaruhi oleh budaya lain kita memiliki budaya sendiri sebagai filter kita. Pada akhirnya, kejayaan budaya korea di Indonesia harus mampu menginspirasi kita untuk memajukan budaya Indonesia, selalu memiliki kreativitas dan juga inovasi dalam berbagai aspek.
Daftar PustakaÂ