CoMarket Atmajaya merupakan sebuah acara market yang diselenggarakan oleh kelas J kewirausahaan, dilaksanakan di lobby kampus 3 Fbe Uajy. Acara ini dirancang sebagai pasar kreatif yang dibuat untuk mempertemukan UMKM atau pedagang lokal untuk memperkenalkan produk mereka kepada waga kampus terutama kepada mahasiswa-mahasiswi Atmajaya selain itu juga para dosen dan staff, tetapi tenant yang berada pada Comarket ini juga dihadiri beberapa mahasiswa yang berjualan. Acara ini tidak hanya ditujukan untuk memperkenalkan produk-produk para penjual, tetapi juga memfasilitasi UMKM untuk mendorong kerjasama antara pelaku industry, dan mengedukasi kepada mahasiswa-mahasiswi melalui workshop ini. Dengan artikel ini dapat mengetahui bagaimana acara tersebut berlangsung, dan mengulas berbagai faktor yang berperan atas keberhasilan acata tersebut melalui wawancara terhadap panitia penyelenggara, dengan mendengarkan langsung pengalaman mereka tentang proses perencanaan, tantangan go utyang dihadapi, tujuan, fungsi diadakanya acara ini, keluh kesah mereka di balik layar. Dan pembaca akan mengetahui strategi-strategi apa yang dilakukan oleh para panitia penyelenggara untuk menarik minat mahasiswa dan bagaimana mereka mengundng tenant UMKM.
Setelah beberapa pertanyaan yang telah diajukan menurut salah pengurus inti panitia Comarket dalam penyusunan yang pertama pastinya diperlukan visi misi diadakan acara tersebut, menentukan tanggal dan lokasi, penyusunan anggaran yang dibutuhkan, membentuk tim panitia, merekrut tenant-tenant penjual, promosi acara, menyiapkan perkap, lalu apabila semua telah dipastikan semua detail telah terpenuhi baru acara bisa dapat dimulai dan dilaksanakan. Yang pertama  sebuah acara pasti memiliki manfaat yang dapat dirasakan, para panitia merasakan dengan adanya Comarket ini tentunya mendapat pengalaman yang sungguh berharga dan menjadi bekal, mendorong mahasiswa lebih aktif dan tidak takut melakukan praktik di lapangan, mendorong mahasiswa memiliki portofolio sejak dini. tentunya juga banyak manfaat yang dirasakan oleh mahasiswa yang hadir dan juga pelaku UMKM. Fungsi dari Comarket sendiri mnurutnya dapat sebagai penerapan experiental learning yang sedang mejadi fokus utama Universitas Atmajaya, selain itu juga bisa menjadi pengalamann mahasiwa sebagai seorang wirausaha. Menurut panitia itu sendiri acara yang mereka laksanakan cukup bisa dinilai sukses diukur melalui yang pertama aspek opersional, biaya pemasukan lebih besar dari biaya pengeluaran jadi dinyatakan profit, sejauh ini acara tersebut ber-profit, selain itu diukur dari seberapa banyak pengunjung yang dating, panitia mengatakan bahwa disaat sesi 1 sampai sesi 2 masih terlihat belum begitu ramai, tetapi setelah memasuki sesi 3, tenant-tenant terlihat ramai oleh pengunjung, dapat dilihat juga melalui penghasilan para penjual tetapi menurut panitia itu masalah personal yang tidak perlu diketahui, dan juga review dari para konsumen yang dating. Dengan melalui promosi media partner di infotenantyk dan juga infojogjakartrans, dan membuat konten yang sedang tren juga merupakan salah sat aspek untuk kesuksesan Comarket ini. Menurut panitia mereka juga mengalami beberapa kendala yang dihadapi, terutama pada arus komunikasi. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengalaman dan kuantitas anggota yang terlalu banyak tanpa adanya struktur dan system organisasi yang kokoh, sehingga komunikasi hanya berlangsung 1 arah dan terdapat banyak miss komunikasi ujar salah satu panitia. Tetapi sejauh ini mereka merasa senang dan puas, karena banyak tantangan yang dihadapi dan juga banyak kendala sebelum, selama ataupun setelah acar berlangsung, "kami ga expect acaranya bakal semeriah itu dan sepecah itu walaupun banyak kendala kami sekelompok tetap bisa melaksanakan dan mengeksekusi acaranya" ujar panitia inti Comarket.
Melalui wawancara panitia Comarket, kita dapat mengetahui bagaimana sekelompok mahasiswa bekerja sama demi kebelerlangsungan sebuah acara, dan dedikasi yang dibutuhkan untuk menciptakan acara yang berhasil. Comarket diciptakan bukan hanya sekedar untuk mempertemukan dengan sesame UMKM tetapi juga wadah untuk berkolaborasi juga berinovasi. Harapan untuk kedepanya yaitu supaya acara seperti Comarket seperti ini bisa dapat terus diadakan guna terus menjadi sumber peluang dan inspirasi para pelaku UMKM dan juga mahasiswa yang terlibat melalui sebuah semangat bekerja sama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H