Mohon tunggu...
Choirunnisa
Choirunnisa Mohon Tunggu... Freelancer - mengurus rumah tangga

Seorang Thinking extrovert yang senang belajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengapa Perempuan Sulit Menghafal Rute Perjalanan

27 Juli 2024   20:32 Diperbarui: 27 Juli 2024   20:42 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi rute jalan / sumber gambar freepik.com

Mengapa Kebanyakan Perempuan Sulit Menghafal Rute Perjalanan

Saya termasuk perempuan yang sulit menghafal rute perjalanan, nama jalan, membaca maps, atau yang berkaitan dengan jalanan.

Bahkan hari ini saja sepulang dari parents meeting, saya salah belok ke gang yang seharusnya satu gang di depannya lagi padahal itu rute yang hampir saya lewati ketika hendak berkeliling di sekitar rumah.

Pernah muter-muter di kompleks karena gak tau gang mana untuk keluar ke jalan raya. Sering salah membaca maps ketika perjalanan yang akhirnya suami yang ambil alih. 

Lebih parah lagi saya hampir tidak hafal nama jalan yang ada di sekitar rumah, jadi kalau ada orang lewat lalu bertanya nama jalan tersebut di mana, saya hanya bisa tersenyum dan jawab gak tau Pak saya baru di sini . 

Ketika saya tanya ke suami ternyata jarak jalan yang ditanya tersebut jalanan yang biasa saya lalui.

Kesulitan menghafal jalan dan membaca maps pada kebanyakan perempuan ternyata disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

Kecerdasan Spasial

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Illinois di Amerika Serikat, salah satu alasan wanita sulit membaca dan memahami maps terdapat pada dikemampuan spasial. 

Kemampuan spasial tersebut yang membuat manusia lebih mudah memahami hubungan antara objek dan ruang (atau tempat) dengan lebih baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun