Mohon tunggu...
Dhania Salsabila
Dhania Salsabila Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Leadership, Senin-Kamis 7.30

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kreativitas Tanpa Batas

21 Agustus 2021   11:03 Diperbarui: 21 Agustus 2021   11:10 823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-of-human-hand-256514/

Kreativitas salah satu kunci untuk bertahan dan tetap menjalankan organisasi sesuai tujuannya. Dengan melatih kreativitas dan mempunyai inovasi maka tidak heran jika suatu organisasi terus berjalan dan tak berhenti. Kreativitas adalah generasi ide-ide yang baru dan berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi (daft, 2018). Ide-ide tersebut bisa datang dari mana saja, terlebih jika orang tersebut mempunyai pemikiran kreatif maka ide yang ia punya dapat untuk memecahan masalah, untuk kebutuhan dan peluang bagi organisasi. Kreativitas adalah proses yang hasilkan dengan adanya kreativitas maka terdapat proses yang dijalani untuk organisasi.Tentunya sebagai pemimpin penting untuk mendorong karyawannya mempunyai pikiran yang kreatif.

Kreativitas dapat di bangun dengan menanamkan nilai-nilai kreatif bagi semua orang, dengan begitu diharapkan semua karyawan menggunakan budaya kreatif tersebut untuk organisasinya.
-Menumbuhkan budaya kreatif. Tindakan kreatif yang dapat menguntungkan organisasi dan terjadi secara terus-menerus yang sejalan dengan tujuan, visi, misi, dan sasaran dari organisasi. Incubator ide adalah Pelabuhan yang aman dimana ide-ide dari karyawan di seluruh organisasi dapat dikembangkan tanpa cambur dari perusahaan (Daft, 2018).

Dengan adanya incubator ide, semua karyawan bebas untuk menuangkan ide-idenya mereka tanpa harus takut untuk di campur tangani oleh orang lain. Dengan budaya kreatif pula kita dapst mendorong kewirausahaan perusahaan yaitu jiwa kewirausahaan internal yang mencakup nilai-nilai eksplorasi, eksperimen, dan pengambilan risiko (Daft, 2018). Dengan kewriausahaan perusahaan dapat mendorong semangat karyawan untuk berkreatif melalui promosi nilai-nilai budaya. Kewirausahaan menghasilkan ide juara adalah orang-orang yang sangat percaya pada sebuah ide baru dan berjuang untuk mengatasi penolakan alami dan menyakinkan orang lain tentang nilainya (Daft, 2018).


-Promosikan kolaborasi. Kolaborasi krwatif adalah salah satu kegiatan terpenting yang dapat didukung oleh para pemimpin untuk budaya kreatif (Daft, 2018). Promosi ini dapat dilakukan dengan speedstorming. Speedstorming adalah format untuk membuat orang-orang dari berbagai penjuru dapat berkolaborasi, menghasilkan ide-ide kratif dan mengidentifikasi area untuk kolaborasi yang di beri topik khusus untuk menghasilkan ide tersebut lalu di diskusikan bersama.

Dengan mempunyai pemikiran yang kreatif maka dapat membantu untuk mendorong sebuah organisasi. Maka dari itu penting untuk kita mempunya ide-ide kreatif agar dapat memperthankan sebuah organisasi agar terus berjalan dengan sebua proses dan kolaborasi ide dari hasil yang di lakukan. Kreativitas itu tidak ada batasnya, maka dapat denan mudah kita menuangkan ide-ide kreatif lalu di diskusikan bersama.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun