Mohon tunggu...
Firanoty Dotiviari
Firanoty Dotiviari Mohon Tunggu... -

Hello ! Kami Sahabat perkumpulan dari lulusan ♥ POLITEKNIK TELKOM (Now : Universitas Telkom) ♥ Angkatan 2012 ♥ Dari Kelas : PIS0909 ♥ Anggota Pengisi Blog : ♥ (30109016) Muhammad Tahfidh A ♥ (30109063) Tiara Isna Pratiwi ♥ (30109372) Ristiantina ♥ (30109415) Noviana Kartadarma ♥ We love peace, our college and each other ♥

Selanjutnya

Tutup

Money

Model Mobile Commerce (M-Commerce)

24 April 2011   17:04 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:26 6199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

M-Commerce yang berasal dari mobile commerce merupakan suatu sistem perdagangan (e-commerce) yang dilakukan melalui media protabel seperti ponsel, PDA, dll Pada dasarnya, M-Commerce ini merupakan gabungan dari e-commerce dan mobile computing. Karena itu, bisa dikatakan bahwa M-Commerce adalah E-Commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel.

M-Commerce mempunyai keuntungan yaitu :

·Kepuasan pelanggan, penghematan biaya, dan peluang bisnis baru

·Dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted device

·Dapat membawa penjual dan pembeli bersama – sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang lebih dekat

Walau M-Commerce mempunyai keuntungan yang banyak, tetapi M-Commerce mempunyai kerugian yang cukup banyak juga, seperti :

·Tidak bisanya menawarkan grafik suatu PC

·Layar kecil membatasi kompleksitas aplikasi

·Terdapat pendekatan berbeda terhadap pemahaman M-Commerce oleh masing – masing jaringan

Selain keuntungan dan kerugian, M-commerce juga mempunyai keterbatasan-keterbatasan yang ditinjau dari beberapa segi. Misalnya saja, M-Commerce mempunyai keterbatasan yang ditemui dalam penggunaan media utama(cellphone), yaitu :

·Ukuran device yang relative kecil

·Mobile device yang digunakan untuk mengakses tidak punya media penyimpanan.

·Teknologi belum semutakhir PC

·Pelanggan butuh pencarian data yang cepat dan mudah

·Penggunaan m-commerce menjadi tidak efektif, tidak efisien, dan tidak memberikan kepuasan kepada pelanggan

Selain itu, M-Commerce juga memiliki keterbatasan yang ditinjau dari segi teknis, yaitu :

·Tidak ada standarisasi

·Bandwith tidak cukup

·Keterbatasan transmisi

·Masalah cuaca

·Jarak koneksi

M-Commerce mempunyai beberapa model bisnis dari berbagai aspek, seperti

·Layanan Keuangan

oPerbankan

oWireless Payment

oMicropayment

oWireless Wallet

oBill Payment Service

oMoney Transfer

·Belanja

Anywhere wireless

·Iklan

·Mobile Portal

oBerita

oOlahraga

oE-mail

oHiburan

oInformasi Perjalanan

oRestoran

oInformasi Pertandingan

oLayanan Komunitas

oStock Trading

·Mobile B2B

oPemesanan jasa secara mobile

oMengecek ketersediaan barang

oMelakukan pemesanan produk tertentu

oMelayani keamanan akses

oMengurangi kesalahan petugas

·Mobile B2C

oTransaksi antara organisasi bisnis dengan pelanggan

oPersonalisasi notifikasi barang dagangan

oMobile games

oPelayanan hotel

·Location Based Commerce

oMeliputi lima area, yaitu:

§Lokasi

§Navigasi

§Tracking

§Pemetaan

§Timing

oTeknologi jaringan yang mendukung pencarian lokasi :

§Position Determining Equipment

§Mobile Positioning Center

§Location Based Technology

§Geographic Content

§Location Specific Content

Contoh salah satu m-commerce yaitu layanan mobile banking. Layanan mobile banking merupakan layanan fasilitas perbankan yang melalui komunikasi bergerak seperti handphone, PDA, dll. Layanan Mobile Banking itu sendiri terdiri dari Informasi Account, Pembayaran, Deposito, Penarikan dan Transfer, dll.

Misalnya saja pada layanan m-banking BNI, fasilitas layanan perbankan bagi nasabah BNI yang mempermudah untuk melalukan transaksi-tarnasaksi yang bersifat non-finansial dan financial. Melalui layanan m-banking BNI, nasabah dapat melakukan transaksi yang bersifat non-finansial yaitu pengecekan saldo, history transaksi dan pengecekan tagihan kartu kredit serta layanan penggantian PIN ATM BNI. Dan juga, nasabah dapat melakukan transaksi yang bersifat financial yaitu transfer uang antar rekening BNI, pembayaran tagihan kartu kredit BNI dan isi ulang pulsa simPATI, Mentari, IM3, dll.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun