Mohon tunggu...
Dwi Fajar Fathurrahman
Dwi Fajar Fathurrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bantu UMKM, Mahasiswa Undip ini Kenalkan Foto Produk dan Promosi melalui Sosial Media

16 Februari 2021   08:52 Diperbarui: 16 Februari 2021   08:55 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masalah yang mengancam selama pandemi bukan hanya masalah kesehatan saja. Masalah perekonomian pun turut mengancam masyarakat selama adanya pandemi karena menurunnya daya beli masyarakat. Salah satu yang masyarakat yang paling terdampak adalah para pelaku UMKM yang menggantungkan penghasilannya dari berjualan.

            Kelurahan Karanglewas Lor merupakan salah satu daerah di Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Kebanyakan masyarakat dari Kelurahan tersebut mempunyai mata pencaharian sebagai pedagang karena adanya pasar yang dekat. Namun semenjak merebaknya virus Covid-19, masyarakat dianjurkan di rumah dan pasar menjadi sepi. Hal ini membuat tak sedikit masyarakat pada Kelurahan tersebut mengalami penurunan penghasilan dari biasanya karena hanya memasarkan dagangan mereka di pasar.

            Berkembangnya teknologi dapat membuka peluang baru untuk sektor perdagangan. Salah satu contohnya adalah dengan adanya jual beli online yang sekarang ini sedang ramai dan banyak digunakan oleh masyarakat. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Karanglewas Lor untuk memulihkan perekonomian mereka. Latar belakang itulah yang diambil seorang mahasiswa KKN, bernama Dwi Fajar Fathurrahman dalam membuat program KKNnya.

            Program KKN tersebut merupakan bantuan promosi kepada UMKM yang berada di wilayah Karanglewas Lor. Bantuan promosi kepada UMKM dianggap perlu karena dapat memperluas pasar dan memanfaatkan teknologi yang telah berkembang sekarang ini. Terdapat beberapa bantuan yang dilakukan dalam program tersebut di antaranya, pelaksanaan foto produk, pembuatan sosial media dan pengajaran pengelolaan sosial media sebagai salah satu alat untuk promosi produk.

            Foto Produk menjadi salah satu hal yang penting dalam berjualan karena foto produk dapat memberikan gambaran mengenai produk yang akan dijual oleh UMKM nantinya. Selain itu mahasiswa tersebut juga memberikan pengarahan dan pengajaran mengenai cara untuk memanfaatkan sosial media sebagai salah satu alat untuk promosi produk. Adanya sosial media sekarang ini menjadikan kita dapat dikenali oleh orang-orang dengan lebih mudah. Kemudahan ini dapat membantu UMKM agar produknya dapat dikenal oleh masyarakat luas secara mudah.

Pembuatan Logo untuk UMKM (dokpri)
Pembuatan Logo untuk UMKM (dokpri)

           Program KKN tersebut dilaksanakan pada salah satu UMKM yang ada di Karanglewas Lor yaitu, usaha milik Ibu Kasni. Ibu Kasni ini memiliki usaha di bidang kuliner. Biasanya Ia menerima pesanan snack dan catering untuk acara-acara seperti yang ada di Kelurahan, syukuran atau acara ulang tahun. Program KKN dilaksanakan mulai dari foto makanan sebagai item atau produk yang akan dipasarkan, pembuatan logo usaha hingga pembuatan sosial media untuk wadah promosi usaha UMKM tersebut.

Proses Koordinasi dengan Pemilik UMKM (dokpri)
Proses Koordinasi dengan Pemilik UMKM (dokpri)

Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari UMKM tersebut dan menambah wawasan kepada para pelaku UMKM yang berada di wilayah Karanglewas Lor untuk menggunakan peluang promosi secara daring.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun