Ada yang mengatakan 23 Juli, ada pula yang memperingati setiap 25 Juli.
Entahlah. Yang jelas, ada satu hari di mana kita-kita ini seharian tak nonton TV?
Pada mulanya, hari tanpa televisi dicanangkan persis saat Hari Anak Nasional, tujuannya biar anak-anak Indonesia bisa terselamatkan dari pengaruh laten televisi yang cenderung pada energi negatif.
Tapi, kalau sekarang? Hari-hari tanpa televisi sudah jadi makanan sehari-hari bagi kami. Ada atau tidaknya TV, gak ada pengaruhnya!
Saya sendiri sudah beberapa bulan hidup tanpa pesawat TV yang selama ini menghiasi ruang tamuku. Kalau dibandingin sama Leya Cattleya sih, diriku belum apa-apanya ya, beliau sudah tidak nonton TV lebih dari 11 tahun lalu, padahal pesawat teve-nya masih ada di rumahnya.
Pada awalnya, saat pertengahan bulan Ramadan lalu, pesawat televisi warna hitam yang kami beli pada tahun 2017 terpaksa dipindahtangankan ke rumah kakakku. Alasannya, Tentu TV lama yang dibeli tahun 2007 akhirnya menemui ajalnya. Tak bisa terpakai!
Namun, jauh sebelum itu, saya sudah lama meninggalkan TV dengan segala kenangannya yang diriku perloleh saat masih kecil. Rasa jenuh plus benci melihat kualitas acara TV dengan rencana migrasi dari analog ke digital yang masih dalam ruang tunggu.
Akhirnya, diriku berkutat dengan Youtube dalam genggaman dan laptop jinjing, sudah cukup bagiku. Ya apa lagi, kalau bukan karena kualitas gambar pada Youtube yang jauh mengungguli televisi konvensional, sehingga betah dilihat oleh pemirsa?
Oh ya. Tak hanya diriku yang mengalaminya sendirian. Kedua keponakanku juga, kalau ditawarkan nonton TV, pasti tidak mau. Mereka lebih memilih main games, atau nonton Youtube lewat smartphone-nya.
Benar juga, kalau melihat survei yang dilakukan oleh situs JalanTikus, sebanyak 58% responden dari generasi milenial dan generasi Z, mereka kompak menjawab; TIDAK menonton televisi.
Bagaimana tidak, sudah ada platform-platform yang bermunculan, yang membuat televisi konvensional berada dalam tekanan. Dari Youtube yang kini bisa diakses untuk semua, sampai yang paling kekinian nih, Netflix!