Mohon tunggu...
Dewi susanti
Dewi susanti Mohon Tunggu... -

saya ingin menjadi orang yang lebih baik lagi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Pembelajaran Sosiologi

11 April 2015   20:43 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:14 956
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

1.Pengertian evaluasi pembelajaran sosiologi

Evaluasi pembelajaran sosiologimerupakan penilaian kegiatan dan kemajuan belajar terhadap siswa-siswiyang dilakukan secara berkala berbentuk ujian , ulangan,prak-tikum, dan tugas siswa dalam mempelajari sosiologi. Dimana Bentuk ujian meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian tugas,ujian sekolah, dan ujian nasioanal . Pembobotan masing-masing unsur penilaian ditetapkan oleh seorang guru sosiologi, tugas seorang guru sosiologi nantinya akan mengukur dan menilai hasil belajar pesrta didiknya, mengukur  adalah membandingkan  sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat  kuantitatif.   Sedangkan  menilai   adalah  mengambil   suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat  kualitatif.

2.Tujuan Evaluasi pembelajaran sosiologi

Evaluasi pembelajaran sosiologi memiliki tujuan antara lain yaitu dapat Mendeskripsikan kemampuan belajar peserta didik, menentukan tindak lanjut hasil penilaian, dan memberikan pertanggung jawaban (accountability)

3.Manfaat Evaluasi pembelajaran sosiologi

Secara  umum  manfaat  yang  dapat  diambil  dari  kegiatan  evaluasi  dalam pembelajaran, yaitu:

a.Bagi siswa

a)Siswa dapat Memahami berbagai kehiduapan serta budaya yang ada di masyarakat sehingga siswa mampu berinteraksi dengan baik.

b)Siswa mampuMembuat keputusan dalam bebagai konflik atau permasalahan yang ada di masyarakat.

c)Siswa dapat Mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran : Memuaskan atau tidak memuaska

b.Bagi Guru

a)guru dapat mendeteksi siswa yang sudah dan belum menguasai tujuan pembelajran sosiologi.

b)Dengan adanya sistem evaluasi pembelajaran sosiologi dapat membantu guru dalam mengukur dan menilai siswanya.

c.Bagi Sekolah

a)hasil belajar cermin kualitas sekolah

b)membuat program sekolah

c)pemenuhan standar

4.Macam-macam Evaluasi pembelajaran sosiologi

a.Formatif

Evaluasi formatif adalah suatu  evaluasi  yang  dilakukan  pada   setiap   akhir pembahasan suatu  pokok  bahasan  /  topik dalam pembelajaran sosiologi,  dan  dimaksudkan  untuk  mengetahui sejauh  manakah   suatu  proses  pembelajaran sosiologi   telah  berjalan   sebagaimana  yang direncanakan.

b.Sumatif

Evaluasi sumatif adalah evaluasi  yang dilakukan pada setiap akhir satu satuan  waktu  yang  didalamnya   tercakup   lebih  dari   satu  pokok  bahasan materi sosiologi,  dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauhmana peserta didik telah dapat berpindah dari   suatu   unit   ke   unit   berikutnya.  Contohnya yaitu bab I membahas sosiologi dan masyarakata apabila siswa sudah dapat memahaminya maka akan berpindah ke bab II nilai dan norma.

c.Diagnostik

Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kelebihan-kelebihan  dan  kelemahan-kelemahan  yang  ada   pada   siswa   sehingga   dapat diberikan   perlakuan  yang  tepat. Dimana guru harus mampu memahami karakter-karakter siswanya agar mampumengevaluasi siswanya.

5.Prinsip Evaluasi terhadap pembelajaran sosiologi

Terdapat  beberapa  prinsip  yang  harus  diperhatikan  dalam  melaksanakan  evaluasi, agar mendapat informasi yang akurat, diantaranya:

·Dapat merancang secara nyata abilitas yang harus dinilai, materi penilaian, dan alat penilaian.

·Penilaian hasil belajar menjadi bagian integral dalam proses belajar mengajar.

·Penilaian harus obyektif,   gunakan   berbagai   alat   penilaian   dan   sifatnya komprehensif.

·Hasilnya hendaknya diikuti tindak lanjut.

·Penilaian hendaknya didasarkan pada hasil pengukuran yang komprehensif.

·Harus dibedakan antara penskoran (scoring) dengan penilaian (grading)

·Penilaian hendaknya merupakan bagian integral dalam proses belajar mengajar.

·Penilaian harus bersifat komparabel.

·Sistem penilaian yang digunakan hendaknya jelas bagi siswa dan guru.

Inilah artikel yang saya tulis berjudul evaluasi pembelajaran sosiologi semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun