1. Multi metode Di dalam artikel saya selanjutnya saya akan membahas tentang pemanfaatan Multi metode dan multi media berdasarkan pengalaman saya dalam belajar sosiologi di tingkat SLTA, multi metode adalah Penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pencapaian satu kompetensi dasar atau bahkan dalam satu pertemuan. Multi metode digunakan oleh seorang guru dalam proses mengajar, disini guru akan memilih bebagai macam metode yang dianggap cocok digunakan dalam proses mengajarkan siswanya dikelas.Menurut dari bebagai sumber yang saya baca tentang berbagai multi metode saya mengetahui ada sekitar 10 macam multi metode dalam proses pembelajaran yaitu Pembelajaran Langsung, Diskusi, Jigsaw, Think Pair and Share, Investigasi kelompok, metode inquiry, metode bermain peran, metode debat, metode pemecahan masalah dan yang terakhir yaitu metode TGT. Menurut saya multi metode sangat bermanfaat di dalam proses pembelajaran dengan adanya multi metode guru bisa memilih metode yang dianggap sangat cocok dalam proses mengajar peserta didiknya, saya akan menceritakan berbagai multi metode yang di gunakan oleh guru sosiologi saya pada saat mengajar dikelas, guru sosiologi saya sering menggunkan metode yang pertama yaitu metode pembelajaran langsung dimana dalam proses pembelajaran langsung beliau atau guru saya menjelaskan fakta, pengetahuan, keterampilan dasar tentang pembelajaran sosiologi, dimana tugas Siswa bisa mengulang kembali materi pembelajaran sosiologi yang telah dipelajarinya, misalnya diawal pertemuan biasanya saya dan teman-teman kelas akan diberikan pertanyaan oleh guru kami menyangkut materi pembelajaran sosiologi yang sudah di jelaskan sebelumnya, yang kedua yaitu di dalam metode ini Siswa akan diberikan berbagai latihan yang menyangkutan materi yang sudah dijelaskan gurunya. Misalnya yaitu latihan soal-soal yang ada di buku pembelajaran sosiologi, selain menggunakan metode pembelajaran langsung guru saya juga menggunakan metode diskusi dimana di dalam metode diskusi ini Guru bertugas membaca materi dan menyiapkan pertanyaan dan mengelompokkan pertanyaan sebelumnya, selain itu Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai oleh siswanya, kemudian Siswa dibagi kelompok dan diberi pertanyaan yang sudah disiapkan, selanjutnya Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban terhadap pertanyaan tersebut, dan yang terakhir Kelompok- kelompok akan menyampaikan hasil diskusi kepada seluruh kelas. Metode diskusi ini menurut saya sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran sosiologi karena disini secara tidak langsung akan terjadinya proses interkasi dan kerjasama antar siswa. Kemudain metode selanjutnya yaitu Metode Investigasi Kelompok guru saya sangat sering menggunakan metode ini dalam proses pembelajaran sosiologi di dalam kelas dimana guru saya akan berperan membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen,kemudian Guru memanggil ketua-ketua kelompok untuk diberi materi/tugas yang berbeda, dan yang terakhir Setiap kelompok membahas tugas yang diberikan secara kooperatif dan melakukan investigasi. Selain metode investigasi kelompok, metode selanjutnya yang di gunkan oleh guru sosiologi saya selanjunya yaitu Metode Debat dimana guru akan berperan membagi dua kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lain kontra, selanjunya Guru meminta siswa untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok kemudian proses debat akan berjalan. Dan metode yang terakhir digunkan oleh guru saya yaitu metode pemecahan masalah dimana di dalam metode ini guru akan memberikan siswanya suatu permsalahan yang ada di lingkungan masyarakat dan kemudian siswa akan mencari solusi dari masalah yang di berikan oleh gurunya. Itulah cerita saya tentang multi metode yang digunkan oleh guru sosiologi saya pada saat mengajar dikelas. 2. Multi media Setelah saya menjelaskan apa itu multi metode serta pengalaman saya di tingkat SLTA dengan berbagai multi metode yang di gunakan oleh guru saya, saya juga akan menjelaskan apa itu multi media dan multi media yang di gunakan ole guru SLTA dalam mengajarkan sosiologi seperti yangkita ketahui Teknologi multimedia adalah salah satu teknologi baru dalam bidang komputer yang memiliki kebolehan untuk menjadikan media pembelajaran lebih lengkap. Multimedia merangkum media dalam satu perisian sehingga memudahkan guru untuk menyampaikan bahan pembelajaran dan pelajar terasa terlibat dalam proses pembelajaran karena teknologi multimedia memperbolehkan berlakunya interaktiviti. Dan Multimedia merupakan gabungan data, suara, video, audio, animasi, grafik, teks dan bunyi-bunyian yang mana gabungan elemen-elemen tersebut mampu dipaparkan melalui komputer. Teknologi merupakan hal yang wajib kita ketahui, sehingga teknologi dapat di manfaatkan dalam proses mengajar dan teknologi telah membantu semua guru dalam tugas untuk mengajar siswanya sehingga siswanya bisa paham selain itu dari segi penggunaan waktu jadi lebih efisien,disini saya akan menceritakan pengalaman saya besama guru sosiologi saya dalam memanfaatkan multi media. Dalam proses pembelajaran sosiologi biasanya guru saya memanfaatkan multi media yang berupa gambar, suara, grafik, teks. Contohnya dalam proses metode pembelajaran langsung guru tidak hanya terpaku pada buku dan menjelaskan dengan cara menggunaka spidol lagi kepada siswanya, guru bisa memanfaatkan multi media seperti powerpoint dan LCD dalm menjelaskan bebagai materi pembelajaran yang berhubungan dengan ilmu sosiologi dimana di dalam powerpoint itu akan tertera bebagai teks penjelasan, grafik serta berbagai gambar yang dapat memperjelas materi yang akan diajarkan ke pesrta didiknya selain guru yang menggunkan power point siswa juga dapat memanfaatkan powerpoint dalam metode pembelajaran diskusi dan kelompok sehinnga siswa dapat menggunakan teknologi dalam proses persentasinya. Selain powerpoint guru saya juga memanfaatkan multi media berupa video yang digunakan dalam proses mengajar. Jadi harapan saya kedepan sebagai calon guru, kita sebagai calon guru sosiologi harus bisa memanfaakan berbagai macam multi media dalam proses mengajar nantinya sehingga perlunya sebagai calon guru untuk mempelajaeri, memahami dan dapat mengimplementasikan multi metode dan multi media dalam proses pembelajaran sosiologi yang akan diajarkan ke pesrta didik dimasa yang akan datang sekian dari artikel apabiala ada kesalahan dalam menulis saya minta maaf semoga artikel ini bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H