Perkembangan merupakan perubahan yang sistimatis, progresif dan berkesinambungan yang ada pada diri individu berawal sejak lahir hingga akhir hayatnya. pada sisitimatis sendiri diartikan bahwasannya perkembangan itu merupakan hal yang normal dan jelas urutunnya.Â
Sedang pada progresif memiliki arti bahwa perkembangan itu merupakan metamorfosi dengan menuju pada sebuah kondisi yang ideal. Berkesinambungan merupakan suatu hal yang membuat perkembangan semakin konsisten dengan tingkat yang dapat dicapai.
Di dalam perjalanan kehidupan manusia akan mengalami sebuah perubahan-perubahan yang diluar dugaan. Perubahan ini terkadang dapat terlihat jelas ketika pada masa kanak-kanak yang mengalami masa pertumbuhan menjadi besar, memiliki kecerdasan dan memiliki suatu kemahiran dalam hal besosial.Â
Tetapi banyak juga orang-orang berpendapat tidak semua aspek perkembangan terlihat begitu jelas karena adanya perbedaan dan memiliki lingkungan dalam hal budaya, pengalama, pendidikan dan faktor lainnya yang sangat berpengaruh.
Proses hidup manusia secara keseluruhan akan menghadapi banyaknya tugas yang nantiya akan dijumpai disetiap fase dalam perkembangan. Setiap individu diwajibkan untuk memahami dan menyelesaikan tugas-tugas yang mereka terima dalam perkembangan yang menjadikan hal tersebut sebagai tujuan dalam lingkungan yang berkembang untuk mencapai ketrentaman yang ada pada hidupnya.
Seiap peserta didik pada masa usia SD mereka memiliki beberapa karakteristik antara lain yaitu pada anak yang berada di kelas satu, dua dan tiga mereka cenderung pada aspek pertumbuhan fisik yang semakin matang, peserta didik ini juga sudah memiliki kemampuan dalam mengontrol tubuh dan keseimbangan mereka.Â
Pada masa ini anak-anak juga memiliki sebuah kecerdasan yang didukung dengan adanya kemampuan dalam melakukan seriasi, pengelompokkan suatu objek, memiliki ketertarikan dengan tulisan dan angka, adanya peningkatan dalam kata, memilik suatu kesenangan dalam berbicara dan adanya kemampuan dalam memahami sebab akibat dan mulai berkembangnya suatu pemahaman dalam hal ruang dan waktu.
Karakteristik lainnya yakni adanya dorongan pada peserta didik untuk keluar rumah dan mulai ikut bergabung dengan anak-anak sebayanya. Adanya dorongan dalam hal jasmani yang bertujuan untuk memasuki kehidupan seorang anak pada hal bermain yang merujuk pada keterampilan tertentu. Sebuah dorongan untuk mulai bergabung dengan golongan orang dewasa yang mencangkup adany konsep-konsep logika, symbol bahkan sebuah komunikasi dan adanya kegiatan yang berhubungan dengan mental.
Setiap perkembangan anak pada masa sekolah dasar mereka akan menerima beberapa tugas yang akan diberikan nantinya yang membuat mereka mengalami adanya pertumbuhan yang secara bertahap . menurut Havighurst dalam tugas perkembangan adalah tugas -- tugas yang seharusnya dapat dipecahkan dan diselesaikan oleh setiap kelompok individu dalam setiap periode perkembangannya agar supaya individu menjadi berbahagia dan tentram.
Aspek dalam hal perkembangan memiliki tujuan yang harus dicapai antara lain yaitu individu diharapkan dapat memahami ataupu mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat pada periode usia hingga usia tertentu. Adanya pemberian sebuah motivasi kepada para individu yang ditujukan pada para kelompok sosial dalam sepanjang perjalanan kehidupannya. Pemberitahuan kpada para individu mengenai sebuah tahapan dalam menghadapi proses perkembangan selanjutnya.
Di dalam perkembangan ini tidak hanya ada tujuan saja tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak pasa masa usia sekolah dasar antara lain yaitu adanya tuntutan dalam hal budaya yang mencakup tentang norma hidu, harapa dan juga nilai-nilai yang berlandaskan ideal pada kehidupan yang mengalami masa perkembangan.Â