A. teori perkembangan kognitif piaget
   jean piaget atau lebih dikenal dengan sebutan piaget terlahir di neuchatel, yang berada di kota kecil di swiss. piaget memulai karisnya menjadi seseorang yang memiliki ahli dalam bidang biologiyang lebih difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan kerang kerang atau bisa disebut dengan mollusca. karena seringnya piaget melakukan penelitian yang berkaitan dengan sains membuatnya semakin tertarik dalam melakukan penyelidikan dalam hal pikiran dan juga pada tahap-tahap perkembangan. sehingga piaget memutuskan untuk mempelajari perkembangan anak pada tahun 1920 pada saat ia bekerja di sebuah laboratorium di paris.Â
   di dalam pendapatnya, piaget mengatakan bahwa anak sejak balita sudah memiliki sbuah kemampuan tertentu dalam menghadapi objek-objek yang berada di sekitar yang mana kemampuan tersebut masih dalam hal yang sederhana, yakni dalam bentuk kemampuan sensor motorik. ketika mereka memahami dunianya secara aktif mereka menggunakan anatara lain, sebagai berikut:
a. Â skema
   Ketika anak berusaha untuk membangun pemahaman mengenai dunia, otak berkembang menciptakan skema. Ini adalah tindakan atau representasi mental yang merorganisasikan pengetahuan.
b. asimilasi
   asimilasi merupakan sebuah konsep piaget yang menjelaskan tentang tergabungnya sebuah informasi baru yang masuk kedalam pngetahuan yang sudah ada. adapun pengertian lainnya asimilasi dapat diartikan sebagai sebuah proses kognitif yang mana seseorang akan mengintegrasikan persepsi, konsep dan pengalaman yang baru ke dalam skema ataupun pola yang ada didalam fikirannya.Â
c. akmodasiÂ
   akomodasi adalah sebuah konsep pigeat yang membahas tentang sebuah pengelompokan perilaku seseorang yang terisolasi ke tatanan sistem kognitif yng lebih tinggi dengan memiliki fungsi yang akan lebih baik lagi.Â
d. organisasiÂ
   organisasi menurut teori piaget merupakan sekelompok perilaku dan pemikiran sesorang yang sudah terisolasi ke dalam sistem yang lebih tinggi.Â