Modul 1.1.a.3 Mulai dari Diri _ Reflektif Kritis, Ekspetasi dan Harapan_Dewi Sartika_Calon Guru Penggerak Angkatan 3_Banyuwangi
1. Tulisan Reflektif KritisÂ
Tuliskan jawaban minimum 300 kata dan maksimum 500 kata.
- Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
- Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
- Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
2. Harapan dan Ekspektasi
Ungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.
- Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
- Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
- Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Jawaban:Â
Pemikiran Ki Hajar DewantaraÂ
Ki Hajar Dewantara merupakan pemikir dan juga tokoh pendidikan di indonesia yang selalu menyuarakan konsep pendidikan kritis terhadap pendidikan.Â
Ia adalah salah satu tokoh pendidikan nasional, sekaligus bapak pendidikan indonesia dan pejuang kemerdekaan, yang secara intens mengkritik praktik pendidikan dan memberikan kontribusi pemikiran pendidikan nasional yang selama ini ada di Indonesia.Â
Ki Hajar Dewantara, selalu mencoba menawarkan solusi ilmiah dan rasional guna perbaikan pendidikan yang mengarah pada pendidikan yang memanusiakan manusia. pendidikan sebagai usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang ada pada anak baik sebagai induvidu maupun sebagai anggota masyarakat agar dapat mencapai kesempurnaan hidup.Â
Semboyan Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani yang mengajarkan banyak hal terkait pendidikan dan pengajaran. Pendidikan budi pekerti, pengajaran yang merdeka, dan pembelajaran yang menempatkan murid sebagai subjek pendidikan.Â