Teori Belajar Sosial Albert Bandura
Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura menekankan bahwa pembelajaran terjadi dalam konteks sosial melalui observasi, imitasi, dan interaksi dengan lingkungan. Bandura menolak pandangan tradisional yang hanya fokus pada pembelajaran melalui pengalaman langsung, seperti yang diajukan dalam teori behaviorisme, dan memperluas pemahaman tentang bagaimana manusia belajar dengan menekankan peran kognisi dan lingkungan sosial.
Berikut adalah penjelasan mendalam tentang teori belajar sosial Bandura:
Konsep Dasar Teori Belajar Sosial
Menurut Bandura, pembelajaran tidak hanya berasal dari pengalaman langsung, tetapi juga dari pengamatan terhadap perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Individu mempelajari perilaku dengan mengamati model, yaitu orang lain yang melakukan tindakan tertentu. Proses ini dikenal sebagai modeling atau observational learning.
Ada empat proses utama dalam pembelajaran sosial menurut Bandura:
1. Perhatian (Attention)
Individu harus memberikan perhatian pada perilaku model untuk belajar. Faktor-faktor seperti kejelasan perilaku model, relevansi, dan daya tarik model memengaruhi sejauh mana perhatian diberikan.
2. Retensi (Retention)
Setelah memperhatikan, individu harus mampu mengingat perilaku yang diamati. Proses ini melibatkan penyimpanan informasi dalam memori untuk digunakan di kemudian hari.
3. Reproduksi (Reproduction)