Nama : Dewi Nursafala
Disusun untuk UTS Mata Kuliah TJSO, Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNJ
Sudah hampir dua tahun pandemi Covid-19 di Indonesia  belum  berakhir. Sejak akhir tahun 2019, telah terjadi kehebohan di seluruh dunia dengan berita terkait munculnya virus  yang mematikan, yaitu penyakit Coronavirus Disease. Wabah virus corona ini mulai menyebar ke Indonesia pada bulan Maret 2020 dan telah dinyatakan sebagai  pandemi hingga saat ini. Pandemi COVID-19 berdampak pada berbagai bidang yang dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari sektor ekonomi, pendidikan, sosial, politik, budaya, pertahanan, dan lain-lain.Â
Sejak awal pandemi hingga saat ini, pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan  mulai dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), WFO (Work from Home), PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat), dan berbagai kebijakan lainnya yang diterapkan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Selain itu, pemerintah  juga sudah mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan prosedur kesehatan seperti cuci tangan pakai sabun, menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari keramaian dan tinggal di rumah jika tidak ada keperluan mendesak untuk keluar. Dalam hal ini seluruh lapisan masyarakat harus siap menghadapi perubahan aktivitas dalam hal kegiatan sosial, penerapan peraturan baru serta ketidakpastian hal-hal yang akan terjadi di kemudian hari.
Hingga saat ini Indonesia  masih berkutat dengan virus corona ditambah lagi dengan dikabarkannya penambahan  varian virus baru, yaitu varian delta  yang  beredar di Indonesia. Hingga saat ini, pemerintah sedang menggalakkan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu upaya atau langkah persiapan menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi. Dalam penanggulangan dan mengurangi penyebaran Covid-19 pemerintah tidak hanya bertindak sendiri, tetapi juga harus bekerja sama dengan melibatkan berbagai lapisan masyarakat yang berpartisipasi di lingkungan masing-masing.Â
Hal ini dilakukan karena jumlah penduduk di Indonesia yang begitu besar dan wilayahnya yang luas, tentunya akan cukup sulit jika hanya mengandalkan upaya dari pemerintah saja  untuk mengelola dan membenahi permasalahan di masa pandemi. Dunia usaha atau organisasi juga berperan penting dan turut serta  membantu pemerintah mengambil tindakan yang dapat membatasi penyebaran Covid-19 dan membantu mereka yang terdampak secara ekonomi dan sosial oleh situasi pandemi. Dalam hal ini perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosialnya di Masa Pandemi dan membantu pemerintah dalam membenahinya adalah PT Media Nusantara Citra Tbk atau dikenal dengan nama MNC Group yang merupakan perusahaan multinasional yang peduli terhadap masyarakat di masa pandemi melalui beberapa unit bisnis salah satunya melalui MNC Peduli.
PT Media Nusantara Citra Tbk atau lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai MNC Media atau MNC Group adalah perusahaan media multinasional yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh Hary Tanoesoedibjo dengan nama PT Bhakti Investama Tbk pada tahun 1989 di Surabaya. MNC Group juga merupakan grup investasi terkenal di Indonesia dengan empat segmen bisnis strategis: Media, Jasa Keuangan, Entertainment Hospitality dan e-commerce dan digital lainnya. MNC Group merupakan salah satu perusahaan swasta yang peduli terhadap dampak dari semua lapisan masyarakat sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang  kualitas dan cakupannya terus ditingkatkan. Perusahaan Multinasional ini juga berperan penting dalam  pemberdayaan masyarakat, peningkatan  kesehatan masyarakat dan membuka akses  usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sehingga dapat menjadi wirausahawan yang mandiri dan solid di Masa Pandemi.
Semua kontribusi yang dilakukan oleh PT Nusantara Media Citra Tbk melalui unit usahanya yaitu MNC Peduli sebagai bentuk penerapan dari tanggung jawab sosial perusahaan dalam penanganan wabah virus corona untuk membantu segala program pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. Â Kontribusi yang dilakukan digerakan ke berbagai daerah di Indonesia dan disalurkan ke berbagai pihak seperti Institusi kesehatan, Institusi yang berhubungan dengan kesehatan, Institusi sosial, komunitas hingga perorangan atau masyarakat yang terdampak Covid-19. kesehatan, institusi sosial, komunitas bahkan perorangan/masyarakat yang terdampak Covid-19.Â
Dilansir dari web milik MNC Peduli mncpeduli.org/about-us bantuan yang disalurkan berupa alat kesehatan seperti ventilator dan bed medis; APD seperti hazmat, masker medis dan sarung tangan; Peralatan sanitasi seperti hand sanitizer, disinfectant dan sabun; Sembako; Program Nasi Kotak; Donor Plasma Konvalesen; Screening COVID-19 seperti rapid test dan swab antigen; hingga penyelenggaraan vaksin. Sejauh ini bantuan diberikan ke lebih dari 310 institusi dan secara individual telah membantu masyarakat sebanyak lebih dari  310.000 orang yang tersebar di berbagai daerah.Â
Dalam membantu mempercepat  vaksinasi kepada masyarakat, MNC Peduli bekerjasama dengan berbagai institusi juga telah melakukan kegiatan vaksinasi  lebih dari 30.000 dosis. Setiap kegiatan atau program  MNC Peduli selain yang disebutkan di atas, semua laporan dari perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada masa pandemi sudah tercantum di situs web perusahaan, yaitu https://www.mncpeduli.org /peduli/bantuancovid19. Setiap kegiatan atau program yang dilakukan  MNC Peduli merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat yang bertujuan membantu dan mendukung pemerintah Indonesia dalam memberantas virus corona.
MNC Peduli adalah unit bisnis dari perusahaan besar yaitu MNC Group yang mendefinisikan tanggung jawab sosial perusahaan. Kegiatannya fokus pada infrastruktur, pendidikan, olahraga dan pelayanan sosial. Di masa pandemi, MNC Peduli juga melakukan program kepedulian bagi mereka yang terdampak Covid-19 dengan memberikan dukungan berupa bantuan sosial. MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial  perusahaan MNC group untuk melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya mereka yang kurang beruntung dan terkena dampak bencana alam. MNC Peduli sebagai CSR (Corporate Social Responsibility) menjalankan tiga visi utama, yaitu sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Ini termasuk isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan, lingkungan dan pembangunan infrastruktur. Kegiatan peduli MNC dilakukan melalui unit bisnis afiliasi dari MNC group dan juga melalui penggalangan dana umum dari masyarakat luas.