Usaha fotocopy dan berjualan alat tulis memang terlihat cukup sederhana, namun jika diamati secara lebih dalam usaha ini memiliki potensi yang cukup menguntungkan, selama penggunaan kertas untuk kebutuhan belajar dan pekerjaan masih dibutuhkan.
Meskipun kegiatan saat ini kebanyakan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, namun faktanya keberadaan kertas dan fotocopy masih sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, mendirikan usaha fotocopy bukanlah hal yang sia-sia.
Untuk membuat usaha ini berkembang dengan pesat, maka kami juga telah merencanakan lokasi yang cukup strategis, yakni di sekitaran kampus, sekolah, dan perkantoran.
Hal yang perlu diperhatikan dalam produk adalah kualitas produk kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, sumber daya manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan Konsumen.
Kualitas pelayanan yang menjadi point utama dalam jasa fotocopy ini, jika pelayanan diberikan secara maksimal tentu saja akan mempengaruhi loyalitas seorang konsumen untuk mngevaluasi kualitas jasa yang di harapkan melalui konsumen itu sendiri. Dalam hal ini konsumen yang sedang menggunakan jasa fotocopy Unpam, mereka telah memiliki informasi tentang fotocopy Unpam dan saat ini mereka sedang menggunakan jasa fotocopy Unpam.
A.Analisis SWOT
Membuat perencanaan strategi bisnis yang terdiri dari 4 aspek yaitu:
Streght (Kekuatan)
Usaha fotocopy cukup mudah untuk dijalankan, karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Usaha ini juga bisa bekerja sama dengan sekolah, universitas, maupun kantor. Bisa digabung dengan bisnis yang hampir sama, misalnya digabung dengan jualan alat tulis.
Weakness (Kelemahan)
Membutuhkan modal yang cukup besar untuk pertama kali memulai usaha ini, lokasi yang digunakan juga tidak boleh sembarangan, mesin fotocopy membutuhkan perawatan yang cukup intensif, sehingga akan menambah biaya pengeluaran.
Opportunity (Kesempatan/peluang)
Masih banyak yang membutuhkan jasa fotocopy, khususnya bagi para pelajar, mahasiswa, dan karyawan.
Threat (Ancaman)
Penggunaan teknologi digital yang semakin masif bisa mengancam penggunaan kertas dan keberlanjutan bisnis fotocopy, persaingan bisnis yang semakin ketat.
B.Analisis Pasar
Beberapa strategi pemasaran yang dapat membantu usaha fotokopi Anda:
1)Buat Paket Penawaran Menarik:
Buatlah paket penawaran menarik untuk pelanggan, seperti memberikan diskon untuk jumlah cetakan tertentu atau harga khusus untuk pelanggan yang melakukan jasa cetak dalam jumlah besar.
2)Jaga Kualitas Cetakan:
*Kualitas cetakan sangat penting.
*Pelanggan akan kembali jika mereka puas dengan hasil cetakan.