Mohon tunggu...
Dewi Novita Sari
Dewi Novita Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa Geoinformasi di Adam Mickiewicz University Poznan, Poland. -

Penikmat kopi dan pengagum semesta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Merawat Kulit di Suhu Ekstrim

3 April 2018   09:09 Diperbarui: 4 April 2018   03:06 822
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah tidak kita membayangkan tinggal di lingkungan dengan suhu yang sangat ekstrim hampir -20 derajat? Tanpa ada sinar matahari mencukupi, ditambah dengan salju setiap hari yang membuat kulit kita sangatlah kering dan perih seperti terbakar?

Ya itulah yang terjadi pada saya 2 tahun belakangan ini. Saya sekarang tinggal di negara Eropa Tengah tepatnya di Polandia yang memiliki 4 musim dalam setahun. Bagi saya tidak masalah apabila musim panas atau semi yang suhunya rata-rata hampir sama dengan Indonesia. Tapi, jangan bayangkan saat musim dingin bisa keluar ruangan tanpa setumpuk baju tebal untuk melindungi kulit.

Berbagai produk pelembab kulit sudah saya coba pakai, mulai dari produk berbentuk gel sampai cairan. Perawatan untuk menjaga kulit saya tetap lembab di iklim bersalju cukup tergolong ribet. Hal ini dikarenakan kulit saya yang memang sudah aslinya cukup kering ditambah tidak mengeluarkan keringat sama sekali membuat beberapa pengelupasan kulit sampai lecet dibeberapa bagian. Sangat menyeramkan untuk saya.

Akhirnya saya melakukan 'terapi' perawatan kulit sendiri karena susahnya mencari salon kecantikan/perawatan di sini saat musim dingin. Pagi hari saat bangun tidur saya mengoleskan Dove Derma Spa Cashmere Comfortseusai mandi, untuk kulit yang sangat kering produk ini sangat membantu sekali untuk regenerasi. Siang hari atau saat keluar ruangan saya gunakan kream green oilsuntuk pergelangan tangan. Dan malam harinya sebelum tidur saya mengoleskan aloe vera shooting gel keseluruh tubuh dan Shefoot extra pluskhusus untuk kaki agar tidak pecah-pecah.

Source : Google.com
Source : Google.com
Source : Asia Walczyk Blog
Source : Asia Walczyk Blog
Beberapa produk tersebut khusus untuk badan saja, untuk wajah saya gunakan skincare Nivea komplit untuk mengatasi ruam dan pengelupasan di area hidung. Setelah melakukan beberapa threatment pribadi tersebut, dalam beberapa bulan kulit kering saya berangsur lembab.

Tips bagi ladies yang memiliki kulit kering dan kebetulan tinggal di lingkungan dengan suhu ekstrim (bisa panas atau dingin), sebelum membeli produk atau perawatan, sebaiknya:

1. Pastikan kamu mengenali jenis kulitmu terlebih dahulu

Hal ini menghindari kamu salah membeli jenis produk untuk kulitmu. Kalau normal mungkin banyak produk mudah didapatkan, tapi untuk kulit sensitive/kering/berminyak bisa diamati secara langsung intensitas minyak wajah maupun keringan di sekitarnya. Untuk kulit kering beberapa rekomendasi bagus dari produk-produk diatas.

2. Analisa bagian-bagian tubuh mana yang memerlukan perawatan ekstra

Kulit kering yang selalu terpapar suhu ekstrim akan lebih mudah rapuh dan mengakibatkan infeksi, segera mungkin membeli produk kecantikan/ skincare sesuai prioritas bagian tubuh yang paling massive terkena dampak agar tidak menyebar dan lebih parah. 

3. Selalu berikan waktu untuk merawat kulit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun