wisata Anyer. Muncullah info ada mercusuar berumur lebih dari seratus tahun. Ada juga titik nol jalan Anyer - Panarukan. Waaaahhhh ... Akhirnya selesai acara aku pun cuuuussss melanjutkan nyetir mobil menuju lokasi tersebut.
Kadang tak berencana berlibur malah terkabul. Ha3 ... Sering begitu loh! Niatnya hanya menghadiri undangan pernikahan anak seorang sahabat di Cilegon. Tapi kok ya anakku, Teteh dan Mas malah searching google lihatMobil parkir di lahan berpasir di tepi pantai. Kami berjalan menuju sisi kiri ke arah tulisan angka 0 -nol berwarna merah. Menarik sekali area ini juga memajang bola dunia dari bahan perunggu. Beberapa pengunjung mengambil foto di sekitar area. Aku pun minta dijepret oleh suami he3 ... Jalan Anyer - Panarukan membentang sejauh 1.000 km, menyimpan sejarah kelam penjajahan Belanda. Kisah sedih ketika rakyat dipekerja-paksakan, tanpa upah, bahkan bisa mati dibunuh bila tak patuh. Jejak gelap itu harus menjadi pelajaran bagi kita di masa kini untuk menghargai jasa orang-orang terdahulu membebaskan Indonesia dari penjajahan.
Daendels Gubernur Jenderal yang berkuasa tahun 1811, membuat sejumlah kebijakan krusial. Pembangunan Jalan Raya Pos yang akan menghubungkan bagian barat hingga timur Pulau Jawa. Jalan dibangun menyusuri pesisir utara. Walau masih menjadi perdebatan, apakah jalur tersebut benar-benar dibangun dari Anyer (Banten) sampai Panarukan (Situbondo) ?
Korban berjatuhan saat pekerjaan berat ini dilaksanakan. Tercatat belasan ribu korban jiwa dari orang-orang bumiputra. Pekerja paksa tanpa dibayar (Jan Breman, Keuntungan Kolonial dari Kerja Paksa, 2014:113). Miris sekali ya ... Jalur panjang ini yanag selalu kita nikmati saat mudik lebaran atau libur akhir tahun, dikenal dengan nama Jalur Pantura (Pantai Utara). Jalur ini juga menjadi poros transportasi terpenting di Indonesia.
 Sedangkan mercusuar ini bernama Menara Suar Cikoneng,  di bangun pada tahun 1885 oleh Z.M.Willem III sebagai Koning Der Nederlanden di Banten. Jadi usianya sudah 135 tahun loh!Â
Selepas menikmati sepoi angin laut, kami masuk ke dalam mercusuar. Pengunjung hanya boleh sampai di lantai 2. Melalui tangga besi yang sempit, kami satu-persatu naik dan menikmati banyak foto mercusuar di Indonesia. Oya ... Menurut sejarahnya, sebelum mercusuar ini telah dibangun pada tahun 1806 sebuah mercusuar, tapi hancur terkena letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Kebayang ya betapa dahsyat letusan gunung tersebut hingga bangunan kokoh pun hancur lebur tak bersisa. Subhanallah ...
Bersyukur liburan dadakan kali itu memberikan hikmah tentang sejarah Indonesia dan pelajaran tentang fenomena alam yang luar biasa. Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasa menunjukkan keagungan dan kebesaran-Nya lewat meletusnya gunung Krakatau. Erupsi gunung Krakatau yang mematikan disertai tsunami. Telah memicu kolom erupsi setinggi 45 kilometer hingga ke lapisan stratosfer. Letusannya telah menelan lebih dari 36,000 korban jiwa. Letusan Krakatau termasuk tipe erupsi Plinian.
Kisah sedih korban letusan yang telah meruntuhkan kaldera dan melenyapkan sebagian besar pulau disekitarnya. Dampaknya terasa di seluruh penjuru dunia. Suara letusannya terdengar hingga 3.000 kilometer ke Perth Australia Barat dan Rodrigues Mauritius. Gelombang tsunami setinggi 30 meter. Ketinggian kabut asap hingga 80 kilometer. Setahun setelah terjadi letusan, rata-rata suhu global turun 2,4 C. Pola cuaca tetap tak beraturan selama bertahun-tahun. Begitupun suhu tidak pernah normal hingga tahun 1888.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H