Mohon tunggu...
Dewi Fatma
Dewi Fatma Mohon Tunggu... Guru - TK FLAMBOYAN SEMARANG

hobi saya adalah bercengkrama dengan keluarga saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices Kartu Angka PAUD

10 Desember 2022   09:25 Diperbarui: 10 Desember 2022   09:37 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A dalam membilang 1-5 menggunakan kartu angka

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Ada beberapa siswa  kelompok A yang belum memahami konsep membilang dan mengenal lambang bilangan 1-5. Dari 13 Anak yang saya amati, hanya ada 4 Anak yang mampu membilang 1-5 dengan benar.

Latar belakang masalah dalam pembelajaran ini adalah :

Guru belum menggunakan model pembelajaran

yang menarik buat anak dalam menyampaikan materi.

Masih     kurang bervariasi guru dalam menggunakan pembelajaran

Guru  kurang memberikan stimulus kepada anak

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari hasil observasi dan wawancara penyebab masalah yang ingin dicapai untuk  untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A dalam membilang 1-5 menggunakan kartu angka antara lain:

1. Strategi dalam pembelajaran kurang inovativ

2.  Media yang diberikan kurang kreatif dan variatif

3.Materi yang diberikan kurang dalam pemahaman anak

4. Model    pembelajaran    dalam    konsep

Dari penyebab diatas yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah

Guru memberikan berbagai alat media yang menarik seperti menggunakan kartu angka bergambar untuk  membilang 1-5

Mengenalkan lambang bilangan menggunakan media yang menarik, yang nyata

Yang terlibat :

Yang terlibat dalam hal ini ada kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua untuk saling mendukung memberikan solusi yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Langkah-langkah yang dilakukan :

Mencari alternatif solusi melalui kajian literatur dan wawancara dalam menentukkan media, metode dan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran

Strategi yang digunakan, antara lain:

Model pembelajaran menggunakan model problem base learning dengan pendekatan saintifik dan STEAM dan berbasis HOTS.

Metode yang digunakan adalah Bercerita, Demonstrasi, Bercakap-cakap, Pemberian Tugas, Bernyanyi, show and tell

Media yang digunakan adalah menggunakan kartu angka loosepart.bahan ajar sesuai dengan tema pembelajaran yang dipilih

LKPD

Penilaian menggunakan rubrik sebagai acuan hasil pencapaian anak didik, penilian hasil karya, dan catatan anekdot.

Refleksi Akhir :

Dari hasil pembelajaran menggunakan media kartu angka bergambar terbukti efektif, dalam pertemuan kegiatan main dari hasil pra pertemuan didapatkan 30,7 % (4 Anak) yang tuntas, setelah pertemuan 1 menjadi 76,9 % (10 Anak), kemudian dalam pertemuan kedua meningkat menjadi 92,3 % (12 Anak), hal ini terbukti efektif dalam pembelajaran, anak juga sudah mampu membilang sesuai jumlahnya, yang menjadi faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah dukungan dari guru, walimurid dan antusias anak dalam mengenal konsep membilang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun