Meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A dalam membilang 1-5 menggunakan kartu angka
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Ada beberapa siswa  kelompok A yang belum memahami konsep membilang dan mengenal lambang bilangan 1-5. Dari 13 Anak yang saya amati, hanya ada 4 Anak yang mampu membilang 1-5 dengan benar.
Latar belakang masalah dalam pembelajaran ini adalah :
Guru belum menggunakan model pembelajaran
yang menarik buat anak dalam menyampaikan materi.
Masih   kurang bervariasi guru dalam menggunakan pembelajaran
Guru  kurang memberikan stimulus kepada anak
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Dari hasil observasi dan wawancara penyebab masalah yang ingin dicapai untuk  untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A dalam membilang 1-5 menggunakan kartu angka antara lain:
1. Strategi dalam pembelajaran kurang inovativ
2. Â Media yang diberikan kurang kreatif dan variatif
3.Materi yang diberikan kurang dalam pemahaman anak
4. Model   pembelajaran   dalam   konsep
Dari penyebab diatas yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah
Guru memberikan berbagai alat media yang menarik seperti menggunakan kartu angka bergambar untuk  membilang 1-5
Mengenalkan lambang bilangan menggunakan media yang menarik, yang nyata
Yang terlibat :
Yang terlibat dalam hal ini ada kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua untuk saling mendukung memberikan solusi yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Langkah-langkah yang dilakukan :
Mencari alternatif solusi melalui kajian literatur dan wawancara dalam menentukkan media, metode dan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran
Strategi yang digunakan, antara lain:
Model pembelajaran menggunakan model problem base learning dengan pendekatan saintifik dan STEAM dan berbasis HOTS.
Metode yang digunakan adalah Bercerita, Demonstrasi, Bercakap-cakap, Pemberian Tugas, Bernyanyi, show and tell
Media yang digunakan adalah menggunakan kartu angka loosepart.bahan ajar sesuai dengan tema pembelajaran yang dipilih
LKPD
Penilaian menggunakan rubrik sebagai acuan hasil pencapaian anak didik, penilian hasil karya, dan catatan anekdot.
Refleksi Akhir :
Dari hasil pembelajaran menggunakan media kartu angka bergambar terbukti efektif, dalam pertemuan kegiatan main dari hasil pra pertemuan didapatkan 30,7 % (4 Anak) yang tuntas, setelah pertemuan 1 menjadi 76,9 % (10 Anak), kemudian dalam pertemuan kedua meningkat menjadi 92,3 % (12 Anak), hal ini terbukti efektif dalam pembelajaran, anak juga sudah mampu membilang sesuai jumlahnya, yang menjadi faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini adalah dukungan dari guru, walimurid dan antusias anak dalam mengenal konsep membilang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H