Mohon tunggu...
Dewi Adawiyah
Dewi Adawiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Adw

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Pemasaran Nugget Ikan Nila

5 November 2021   19:56 Diperbarui: 5 November 2021   20:04 967
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar. Kemasan Nugget Ikan Nila/Dokpri

ANALISIS PEMASARAN NUGGET IKAN NILA

Oleh :

JUNIANTO1 DAN DEWI ADAWIYAH2

  1. Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
  2. Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dihasilkan dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini, rasanya lezat, dagingnya berwarna putih bersih, kenyal dan tebal, rasanya pun netral (tawar) sehingga mudah diolah menjadi suatu produk industri, misalnya nugget. 

Nugget merupakan salah satu bentuk produk beku siap saji, yaitu produk yang telah mengalami pemanasan sampai setengah matang (precooked), kemudian dibekukan. Produk beku siap saji ini hanya memerlukan waktu penggorengan selama 1 menit pada suhu 150C. Ketika digoreng, nugget beku setengah matang akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan dan kering.

Semua kalangan masyarakat dapat membeli nugget ikan nila khususnya anak-anak karena sebagai salah satu makanan instan serta salah satu variasi lauk yang sehat. Proses pembelian dapat dilakukan dengan cara membeli langsung ditoko maupun dengan cara membeli di online shop. Pemebelian nugget ikan nila ini dapat dibeli kapan saja khususnya pembelian secara online karena tidak ada batas waktu dalam pembelian nugget ikan nila.

Pembelian nugget ikan nila dapat ditemukan di toko secara langsung seperti supermarket, alfamart, indomart dan di toko-toko terdekat. Sedangkan pembelian secara online dapat ditemukan di tokopedia, shopee, lazada, bli-bli dan lain-lain.

Berikut merk produk pesaing sesama produk nugget berbahan baku ikan nila diantaranya: Sakana Nugget, Minaku, Sukiyaku, Sakana Nugget, Salimah Food, Sunny Gold. 

Produk Nugget Ikan Nila ini terdapat dalam pasar persaingan monopolistik. Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu pasar persaingan tidak sempurna. Teori pasar persaingan monopolistik ini dikembangkan karena adanya ketidakpuasan pada analisis model persaingan pasar sempurna ataupun pasar monopoli.

Pasar persaingan monopolistik ini adalah pasar dengan banyaknya para konsumen yang menghasilkan suatu komoditas yang berbeda-beda dan bisa disebut juga sebagai pasar yang adanya banyak penjual yang menawarkan satu jenis barang dengan banyak produk yang berbeda-beda dalam hal kualitas, bentuk, dan

Rancangan produk dari nugget ikan nila seperti organoletik, nilai nutrisi, ukuran dan kemasan.  Organoleptik pada nugget ikan nila meliputi warna, aroma, tekstur dan rasa.  Nugget ikan adalah produk makanan berbahan daging ikan yang telah digiling. Nugget ikan memiliki citarasa yang enak namun memiliki kandungan lemak yang tinggi sebesar 18,82g/100 g, protein sebesar 30g/100 g dan serat sebesar 0,9g/100 g (Saranggih, 2015). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun