Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Koleksi Kartu Pos Juga Tak Kalah Asyik

11 Februari 2021   21:40 Diperbarui: 11 Februari 2021   22:04 577
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Koleksi kartu pos (dokpri)

Beli kartu pos? Buat apa sih?
Bila pergi ke sebuah tempat aku suka sekali mengubek-ubek bagian kartu pos. Aku suka sekali melihat-lihat gambar dan desain kartu pos. Kartu pos itu jarang sekali kupakai, bahkan mungkin sangat jarang kugunakan untuk berkirim kabar. Mereka kukoleksi dan kutaruh dalam album-album foto.

Koleksi yang paling kusukai adalah kartu pos bertemakan lukisan. Apalagi jika lukisan itu orisinil dan dibuat dengan tangan. Wah senangnya.

Berawal hobi lawas berkunjung ke pameran lukisan, dulu aku begitu gembira ketika mendapat suvenir berupa kartu pos dengan lukisan menghiasinya. Lama kelamaan jumlahnya bertambah banyak. Aku lupa dari mana saja mendapatkannya.

Aku suka kartu pos lukisan (dokpri)
Aku suka kartu pos lukisan (dokpri)
Lalu mulailah aku mengumpulkan kartu pos dari berbagai daerah dan mancanegara. Ketika berkunjung ke sebuah daerah, aku coba cari bagian kartu posnya. Ada kalanya aku tak membeli apa-apa untuk diriku, hanya kartu pos untuk menambah koleksi. 

Tak sedikit kartu pos kudapatkan dari hadiah. Kawan-kawan dan pasangan yang tahu salah satu hobiku pun suka memberikan kartu pos kepadaku. Asyik koleksiku bertambah.

Kartu pos itu beberapa kupajang di kulkas atau di mading khusus yang kupunyai. Kartu-kartu ktu mengingatkanku akan sebuah peristiwa, perjalanan, dan pengalaman tertentu. Ada juga yang menginspirasiku. Hanya sedikit yang kukirim, aku masih pelit untuk itu. Aku hanya ingin mengoleksi dan melihat-lihatnya saja.

Lalu aku memperhatikan Pos Indonesia kerap merilis kartu pos bertema alias edisi khusus. Ada tema-temanya yang menarik untuk dikoleksi. Aku baru tahu ada kartu pos Doraemon dan Dilan. Beberapa institusi juga mengeluarkan kartu pos bertema, seperti peringatan tsunami.

Beberapa distributor film juga merilis kartu pos dengan karakter dan adegan film. Beberapa kudapatkan cuma-cuma. Yang paling kusukai tentu saja Kesatria Baja Hitam hahaha.

Kartu pos favoritku (dokpri)
Kartu pos favoritku (dokpri)
Sama halnya dengan perangko, kartu pos juga memberikan wawasan tentang sebuah peristiwa. Ia juga memberikan hiburan karena bikin senang ketika melihat-lihatnya.

Ketika melihat komunitas pecinta kartu pos masih eksis aku jadi tertarik bergabung. Siapa tahu dapat info tempat-tempat untuk mendapatkan koleksi kartu pos yang unik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun