Mohon tunggu...
dewi sartika
dewi sartika Mohon Tunggu... Wiraswasta - ig : dewisartika8485

penyuka sejarah, travelling, kuliner, film dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

West Side Story: Menikmati Film Musikal Versi Steven Spielberg

5 Juni 2024   11:07 Diperbarui: 8 Juni 2024   00:06 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu adegan dari film West Side Story, remake broadway yang digarap oleh sutradara Steven Spielberg | Dok. 20th Century Studios via Kompas.com

Sebenarnya film West Side Story sudah saya ketahui sebelum pengumuman Oscar 2022 lalu. Gaung akting Ariana De Bose (Anita) yang dibanjiri berbagai penghargaan atas aktingnya di film tersebut belum membuat saya tergerak untuk menonton West Side Story. Baru seusai Oscar berlalu yang mana lagi-lagi Ariana menjadi pemenang, akhirnya membuat saya berinisiatif untuk menikmati film tersebut.

Baca Juga: Resensi Film The Shining

Saya mengernyitkan dahi manakala mengetahui Steven Spielberg menjadi sutradara West Side Story. Ini beneran Steven Spielberg yang membuatnya? Setidaknya itulah yang ada di pikiran saya. 

Bagaimana tidak menimbulkan kekagetan dalam diri saya jika selama ini track record sutradara berdarah Yahudi itu lebih sering membuat film-film bertema serius seperti Schindler's List (1993), Saving Private Ryan (1998), Munich (2005) atau film-film sci-fi (E.T. the Extra-Terrestrial, Jurassic Park, dan Minority Report). 

Tanpa bermaksud meremahkan kualitas seorang Steven Spielberg, saya pun sangsi terhadap West Side Story. Jika dilihat dari deretan film yang disutradarainya maka suami aktris Kate Capshaw itu belum ada film musikal yang dibuatnya. Lalu, West Side Story seperti apa versi Steven Spielberg?

West Side Story: Diadaptasi dari Pertunjukan Broadway

West Side Story merupakan drama musikal pementasan terkenal dari Broadway (dikenal sebagai Hollywood-nya dunia teater) yang digagas Jerome Robbins, Leonard Berstein, dan Stephen Sondheim. Drama ini pertama kali dipentaskan pada 1957. Ide cerita ini didasarkan pada kisah Shakespeare, Romeo and Juliet. 

Mike Faist & Ansel Elgort (Sumber; Alamy.com)
Mike Faist & Ansel Elgort (Sumber; Alamy.com)

Sebuah kisah yang memang tak pernah habis untuk dibuat dalam berbagai bentuk. Pada 1961, dirilis versi filmnya yang diadaptasi dari drama pementasan Broadway. Adaptasi pertama ini sukses besar, bahkan meraih 10 Oscar termasuk kategori film terbaik.

Ketika Steven Spielberg membuat ulang West Side Story tentu membuat saya berpikir apakah hasilnya akan lebih baik dari versi pertamanya atau bahkan menjadi lebih buruk? Sejujurnya, West Side Story edisi 1962, saya belum menontonnya sehingga tentu tak adil rasanya jika saya harus membandingkan dengan versi 2021 ini. 

(Sumber: Peakpx)
(Sumber: Peakpx)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun