Mohon tunggu...
dewi sartika
dewi sartika Mohon Tunggu... Wiraswasta - ig : dewisartika8485

penyuka sejarah, travelling, kuliner, film dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Film

Resensi Film The Shining: Hotel Mewah Pembawa Petaka

23 Mei 2024   17:44 Diperbarui: 30 Mei 2024   15:59 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jack Nicholson sebagai Jack Torrance (imdb)

Sebenarnya saya bukanlah penggemar film-film bergenre horor. Saya juga buka penggemar karya-karya Stephen King. Seingat saya, baru tiga film yang diangkat dari novel Stephen King yang pernah saya tonton; The Greenmile yang paling membekas dalam benak saya karena kisahnya yang mampu membuat mata saya mengembun, The Mist yang endingnya bikin saya  misuh-misuh, dan terakhir ada  film dengan karakter psikopat, The Shining yang membuat saya membatin bahwa saya tak ingin menonton sekuelnya, Doctor Sleep (2019).

Kali ini, saya ingin menulis tentang film The Shining. Sebuah film lawas yang dirilis tahun 1980 silam. Film ini karya sutradara Stanley Kubrick yang dikenal dengan karya-karyanya yang memang agak lain menurut saya, semisal 2001: A Space Odyssey (1968) dan Eye Wide Shut (1999).

Selain bukan penggemar film horor dan Stephen King, saya juga bukan penggemar Stanley Kubrick. Lalu, mengapa saya menonton The Shining? Tak lain tak bukan karena penasaran saja sewaktu membaca artikel mengenai sutradara keturunan Yahudi ini.

The Shining dibuat berdasarkan novel Stephen King dengan judul sama yang terbit tahun 1977.

Keterangan Film

Jack Torrance sekeluarga (imdb)
Jack Torrance sekeluarga (imdb)

Judul                                     : The Shining

Sutradara                            : Stanley Kubrick

Penulis skenario               : Stanley Kubrick dan Diane Johnson

Pemain                                 : Jack Nicholson, Shelley Duvall, Danny Lloyd dan Scatman Crothers

Perusahaan pembuat    : The Producer Circle Company, Peregrine Productions, dan Hawk Films

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun