Mohon tunggu...
Dewi Suryaningsih
Dewi Suryaningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca adalah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media dan Sarana Advertising

1 Juli 2023   17:42 Diperbarui: 1 Juli 2023   17:51 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Advertising merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk menarik perhatian konsumen (audiens) akan sebuah produk atau jasa melalui sebuah pesan yang disampaikan dalam bentuk gambar, tulisan, bahkan video. Menurut Sandra Moriarty (2008) Advertising adalah jenis komunikasi pemasaran, yang rupakan istilah umum yang mengacu kepada semua bentuk teknik komunikasi yang digunakan pemasar untuk menjangkau konsumen dan menyampaikan pesannya. Secara sederhana advertising ialah sebuah komunikasi berbayar, dimana pesan-pesan yang disampaikan untuk kegiatan menjual akan mengeluarkan dana pembayaran.

APA ITU MEDIA?

Berbicara Advertising sendiri tidak akan bisa lepas dari media dan sarana advertising. Media advertisng merupakan salah satu aspek terpenting dalam kegiatan advertising, dimana media ini merupakan sarana penyampaian pesan iklan kepada khalayak. Secara umum media lebih dikenal dengan alat perantara, yaitu perantara sebuah pesan, ide, gagasan komunikasi merek untuk mencapai target konsumen yang luas. Sedangkan sarana adalah sebuah alat yang digunakan dalam media untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

JENIS-JENIS MEDIA ADVERTISING

Pada umumnya media advertising yang digunakan adalah media massa, yang akan mempengaruhi bentuk dan jenis iklan baik berbentuk visual dan audiovisual. Namun dengan berkembangnya kemajuan teknologi yang sangat cepat, dapat menimbulkan jenis-jenis media advertising yang baru. Setiap para ahli memiliki klasifikasi media advertisingnya sendiri, berikut ini adalah beberapa jenis media yang ada:

Media Lini Atas (Above The Line)

Maksud dari jenis media ini adalah media yang tidak langsung mengenai konsumen karena terbatas dalan penerimaan konsumen media. Media ini bersifat massal, berarti bahwa pesan yang disampaikan melalui media ini dilakukan secara serentak bersama (massal). Sarana yang digunakan dalam jenis media ini adalah

  • Media luar ruang, yaitu media yang semua iklan (pesan) didalamnya dapat dijankau oleh konsumen ketika mereka sedang diluar rumah atau kantor (luar ruang), tempat umum, iklan ini diharapkan dapat dilihat oleh banyak masyarakat sehingga dapat menarik perhatian akan sebuah pesan yang ditampilkan. Namun, akan menjadi suatu hal yang fatal apabila media ini diletakkan ditempat yang kurang strategis. Seperti kecelakaan, lingkungan terlihat kumuh, dan masih banyak lagi. Sarana dalam jenis ini seperti:

1. Papan reklame

Papan reklame merupakan salah satu jenis iklan cetak yang berukuran besar, dan biasaanya ditempatkan ditempat ramai untuk menarik perhatian masyarakat akan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Videotron

Sarana ini merupakan jenis iklan audio-visual yang menarik untuk masyarakat dan sarana iklan digital ini biasanya terdapat ditempat yang cukup padat seperti dipinggir jalan tempat orang berlalu lalang.

  • Media cetak dan media elektronik juga merupakan salah satu jenis media lini atas. Media cetak yang merupakan sebuah sarana pengiriman pesan-pesan yang bersumber dari hasil proses percetakan. Dan media elektronik adalah sebuah sarana penyebaran pesan-pesan yang menggunakan prinsip gelombang elektronik. Kita semua pasti sudah tahu bahwa sarana media cetak dan elektronik berupa surat kabar, televisi, dan radio.

1. Surat kabar

Pada awalnya, kegiatan advertising ini bersal dari surat kabar, yang disusul oleh televisi dan bahkan mampu menyaingi keberadaan surat kabar ini. Sarana surat kabar ini dianggap menjadi sarana yang cukup fleksibel dalam menyajikan informasi yang cukup rinci mengenai produk atau jasa dan relative cukup murah dalam pembiayaan.

2. Radio

Iklan dalam radio ini memiliki potensi pemasaran yang cukup tinggi dimasyarakat, dikarenakan banyak sekali warga kita yang pecinta dan pendengar setia radio. Meskipun begitu, iklan dalam radio ini tidak dapat menjelaskan secara rinci mengenai informasi sebuah produk.

3. Televisi

Kurang lebih ratusan juta manusia pasti akan meonton televisi, ini merupakan bukti bahwa ketika beriklan di televisi dapat menjangkau masyarakat yang luas. Ketika para pengusaha bersaing dalam menarik perhatian para komsumen, iklan televisi mungkin bisa dijadikan salah satu solusi alternatif dikarenakan iklan ini bersifat audio-visual yang dapat menjelaskan informasi mengenai produk dengan tampilan yang cukup menarik.

Media Lini Bawah (Below The Line)

Media ini memiliki karakteristik terbatas dalam jangkauan baik secara jumlah dan waktu, sekalipun begitu media lini bawah ini dapat menjangkau yang tidak dapat dijangkau oleh Above the Line. Sarana yang dapat digunakan dari jenis media lini bawah ini cukup beragam adalah catalog, jadwal perjalanan, kartu pos berwarna, dan bahkan benda-benda pajangan yang terdapat di tempat penjualan.

Media Utama dan Media Pendukung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun