Mohon tunggu...
Dewi AmirahYunanda
Dewi AmirahYunanda Mohon Tunggu... Mahasiswi

Live a good story.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program CSR PT Telkom Indonesia, Tbk dalam Mensejahterakan Masyarakat

27 Desember 2021   04:32 Diperbarui: 27 Desember 2021   07:09 8158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • Latar Belakang

Perusahaan merupakan suatu kelompok yang di dalamnya terdiri dari banyak orang yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Umumnya sebuah perusahaan berdiri dengan tujuan mencari laba atau untung semaksimal mungkin. Akan tetapi, disamping tujuannya mencari laba atau untung, sebuah perusahaan tentunya memiliki fungsi yang begitu besar bagi masyarakat luas. Beroperasinya sebuah perusahaan sangatlah penting untuk memperhatikan keadaan lingkungan sekitarnya, agar tidak terjadinya kecemburuan sosial akibat pola hidup dan pendapatan yang jauh berbeda antara pegawai perusahaan dengan masyarakat sekitar. Di mana perusahaan dan masayarakat dapat dikatakan sebagai suatu pasangan yang tidak dapat terpisahkan karena terdapat hubungan timbal balik anatara keduanya.

Seiring berkembangnya zaman, masyarakat sudah mulai menyadari dan menuntut kepada perusahaan mengenai pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, maka tanggung jawab sosial perusahaan atau organisasi harus menjadi bagian penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Tanggung jawab sosial dari perusahaan atau biasa dikenal dengan Corporate Social Responsibility saat ini sudah menjadi hal wajib bagi sebuah perusahaan dalam upaya mensejahterakan masayarakat dan menjaga lingkungan sekitar perusahaan. Hal ini sudah ditegaskan dalam ISO bagi perusahaan untuk dapat mensejahterakan masyarakat di sekitar lingkungan perusahan. Selain itu, kesadaran tentang pentingnya CSR menjadi bagian dalam perusahaan saat ini sudah menjadi tren global. Majunya teknologi informasi membuat perusahaan serius untuk melakukan CSR.

Perusahaan yang hanya berorientasi pada bisnis saja akan menghadapi tantanngan yang sulit, karena tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan perusahaan tentunya berada di tengah-tengah masyarakat sehingga mau tidak mau perusahaan harus berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Dapat dilihat bahwa sekarang ini, banyak perusahaan khususnya di Indonesia yang berlomba-lomba untuk membuat sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) yang memang dibutuhkan masyarakat masayarkat luas. Program-program CSR yang dibuat perusahaan biasanya tidak jauh dari kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Adapun organisasi atau perusahaan yang melaksanakan tanggung jawab sosial organisasi atau CSR adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau biasa dikenal dengan PT Telkom Indonesia Tbk. PT Telkom Indonesia Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi serta jaringan telekomunikasi Indonesia. Oleh karena itu, sebagai salah satu BUMN terbesar PT Telkom meyakini dengan adanya tanggung jawab sosial organisasi atau CSR akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga akan berimbas pada tumbuh dan berkembangnya skala usaha Telkom, dan juga sebaliknya sesuai dengan paradigma yang dimiliki, yaitu "Telkom ada untuk Indonesia, tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat Indonesia". Kemudian prinsip yang diterapkan PT Telkom Indonesia Tbk, dalam melaksanakan CSR nya, yaitu dengan prinsip profit-people-planet ("3P").

          

 Program CSR PT Telkom Indonesia Tbk 

Dikutip dari Telkom.co.id program-program CSR yang telah dilaksanakan oleh PT Telkom Indonesia Tbk dalam upaya mensejahterakan masayarakat, yaitu ;

  1. Indonesia Digital Learning (IDL) dan My Teacher My Hero

Indonesia Digital Learning (IDL) adalah program CSR tahunan yang dilaksanakan dan sudah menjadi komitmen PT Telkom Indonesia Tbk di bidang pendidikan dengan upaya pelatihan guru-guru di bidang digital agar terwujudnya pembelajaran bernasis digital di sekolah.

My Teacher My Hero merupakan program apresiasi untuk guru-guru dari PTTelkom Indonesia yang telah menerapkan pembelajaran digital dari hasil pembekalan digital pada IDL. Setelah itu, akan diseleksi kembali sehingga terpilih 8 orang guru untuk menjadi My Teacher My Hero.

2. Pustaka Digital

Pustaka Digital (PaDi) meruapakan program CSR yang telah dilaksanakan agar dapat mempermudah masyarakat khususnya para pelajar untuk mengakses buku-buku secara online.

3. Socio Digi Leaders

Socio Digi Leaders merupakan program yang dilaksanakan untuk berkompetisi menyalurkan ide kreatif yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk lingkungan sosial. Ide yang disalurkab dapat berupa bidang sosial, hukum, lingkungan, human resources, teknologi, bisnis, produk, pengembangan sistem ataupun ide aplikasi digital.

4. BUMN Hadir untuk Negeri

BUMN Hadir untuk Negeri merupakan program CSR yang di dalamnya terdiri lagi dari beberapa rangakaian acara, yaitu Rangkaian Peringatan HUT RI, Bumn Hadir untuk Negeri dalam rangka Ramadhan, dan Disability Care.

5. Telkom Craft

Telkom Craft Indonesia merupakan eksibisi UKM berbasis digital pertama di Indonesia yang menjadi wujud penerapan nilai-nilai Good Corporate Citizenship dari program kemitraan dan bina lingkungan yang Telkom canangkan.

6. Widyawisata & Real Experience VR Satelit Telkom 3S

Widyawisata & Real Experience VR Satelit Telkom 3S merupakan bagian dari rangkian program CSR  PT Telkom Indonesia dalam rangka peluncuran Satelit 3S dan menjadi salah satu media untuk mengedukasi dan menginformasikan kegunaan dari adanya satelit kepada masyarakat luas.

Selain keenam program CSR tersebut terdapat program lain yang menjadi bagian penting dalam melaksanakan CSR di PT Telkom Indonesia, yaitu Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). PKBL dilaksanakan bukan sekedar menjalankan kewajiban saja, tetapi sebagai upaya untuk mengelola dampak dari kebijakan dan kegiatan operasional terhadap masyarakat dan lingkungan secara transparan dan beretika.

  • Analisis Penulis

Program-program CSR yang dibuat oleh PT Telkom Indonesia dalam upaya mensejahterakan masayarakat dilaksanakan dengan konsisten di setiap tahunnya sehingga PT Telkom Indonesia Tbk sudah menerapkan CSR dengan baik di perusahaannya. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk kepeduliaan sebuah organisasi atau perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar secara lebih luas yang tidak berorentasi pada profit semata saja. PT Telkom Indonesia Tbk dengan prinsipnya profit-people-planet sudah memenuhi dan menerapkan konsep triple bottom line.

Pada konsep profit PT Telkom Indonesia Tbk tidak hanya mengejar keuntungan atau laba semata, tetapi diharapkan dapat memperdayakan ekonomi masyarakat di lingkungannya. Sedangkan pada konsep people PT Telkom Indonesia Tbk, menciptakan SDM yang andal dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui community development. Selanjutnya pada konsep planet PT Telkom Indonesia Tbk, ikut mempertimbangkan dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan dalam setiap kegiatan operasionalnya. Melalui konsep triple bottom line yang digunakan sebagai prinsip dalam pengoprasian perusahaan menandakan bahwa PT Telkom Indonesia Tbk dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya hingga saat ini dengan memperhatikan "3P".

Di mana selain mengejar keuntungan (profit) PT Telkom Indonesia Tbk juga memperhatikan dan melibatkan masyarakat (people) dan turut berkontribusi aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan (planet). Hal ini juga menunjukkan jika program, paradigma dan prinsip yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia sudah sejalan. Kemudian, penulis melihat penerapan CSR pada PT Telkom Indonesia sudah efektif dan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan dan masyarakat. Dengan memperhatikan masyarakat dan lingkungan perusahaan dapat berkontribusi dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan perusahaan agar terpeliharanya kualitas hidup.

Penulis juga melihat bahwa program-program yang sudah dilaksanakan oleh PT Telkom Indonesia Tbk sudah sangat baik. Program-program CSR PT Telkom Indonesia Tbk tidak hanya berfokus pada satu bidang saja, tetapi terdiri dari beberapa bidang, seperti bidang pengembangan sosial dan kemasyarakatan, bidang pendidikan, bidang lingkungan serta bidang budaya dan keagamaan. Menunjukkan bahwa PT Telkom Indonesia Tbk tidak dapat terlepas dari masyarakat sehingga PT Telkom Indonesia Tbk terus berusaha mewujudkan kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkuan di wilayah perusahaannya berada. Misalnya melalui program Indonesia Digital Learning (IDL) PT Telkom Indonesia ingin membantu tenaga pendidik di Indonesia untuk dapat menguasai dan melek teknologi agar pendidikan di Indonesia maju di bidang digital.


  • Saran atau Solusi

Penulis berharap untuk kedapannya agar program, paradigma dan prinsip yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia Tbk dapat terus berjalan secara beriringan dan konsisten bagi masyarakat dan lingkungan di wilayah PT Telkom Indonesia Tbk. Kemudian, program-program CSR dapat dilaksanakan secara lebih luas lagi hingga daerah-daerah terpencil dan tertuju pada masyarakat yang memang membutuhkan, seperti pengembangan dan pelatihan bagi para pendidik atau guru yang belum melek digital, diadakannya perbaikan jaringan internet yang memadai di daerah terpencil, sosialisasi pentingnya teknologi dan hal-hal lain yang memang sangat dibutuhkan masyarakat. Program-program CSR yang dilaksanakan sudah sangat baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sehingga upaya dalam mensejahterakan masyarakat juga berjalan dengan semestinya dan perlahan akan terus meningkat.

  • Penutup

Berdasarkan pemaparan sebelumnya diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan tanggung jawab sosial organisasi atau CSR pada PT Telkom Indonesia Tbk dalam mensejahterakan masyarakat sudah berjalan dengan baik dan efektif. Selain itu program dan paradigma yang dibuat oleh PT Telkom dengan prinsip yang digunakan berdasarkan konsep triple bottom line sudah selaras dan signifikan. Sebagai salah stu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom Indonesia sadar akan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat dan lingkungannya. Program-program yang dimiliki pun tidak hanya berfokus pada satu bidang, tetapi teridiri dari beberapa bidang sehingga apa yang memang sudah dilaksanakan dapat memberikan dampak yang positif. Selain itu, dalam penerapan CSR meluli program-programnya PT Telkom Indonesia melibatkan partisipasi masyarakat masyarakat sebagai objek maupun sebagai subjek program CSR sehingga terjalinnya hubungan timbal balik antara PT Telkom Indonesia Tbk dengan masyarakat.

Daftar Pustaka

Andriana, et.al. "Corporate Social Responsibility pada Program Indonesia Digital Learning (IDL) PT. Telekomunikasi Indonesia". Jurnal Profesi Humas, Vol .4, No. 1, Agustus 2019.

Latifah, Sri Wahjuni. "Triple Bottom Line Dan Nilai Perusahaan, Gross Profit Margin Sebagai Indikator Ekonomi ". Jurnal Ek, Vol. 4 , No. 4, Desember 2020.

Nufalia, Viani. " Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jurnal Utilitas, Vol. 2, No. 2, Oktober 2016.

Wahyudi, Isa & Busyra Azheri. (2008). Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang: In-Trans Publishing.

https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/tentang-csr-66 diakses pada 25 Desember 2021 pukul 12.00

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun