Mohon tunggu...
DEVY INTANPUJIAWATI
DEVY INTANPUJIAWATI Mohon Tunggu... Dosen - Guru, Tutor, Dosen, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini

Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak dalam Bermain Melalui Karpet Tree In One

11 Desember 2022   17:34 Diperbarui: 11 Desember 2022   17:35 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Devy Intan Pujiawati., M. Pd 2022. Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Dalam Bermain Melalui Media Karpet Three In One Pada Kelompok A TK HANDAYANI PLAOSAN Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci : Peningkatan, Motorik Kasar, Bermain, Karpet Three In One

Permainan dengan menggunakan karpet three in one merupakan salah satu kegiatan bermain yang melibatkan motorik kasar anak. Perkembangan motorik kasar anak dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu adanya stimulasi dari lingkungan seperti melalui penggunaan media bermain anak. Cukup beragam media bermain anak yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan motorik kasar anak. Namun, tidak semua media tersebut dapat menstimulus perkembangan motorik kasar anak dengan baik, sehingga guru bahkan orang tua perlu berfikir kreatif untuk menentukan media bermain yang sesuai untuk mendukung perkembangan motorik kasar anak. Dilihat dari kondisi tersebut, maka penelitian ini penting dilakukan karena penelitian ini berupaya untuk membahas mengenai upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dalam bermain melalui media karpet three in one pada kelompok A TK HANDAYANI PLAOSAN. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar anak pada kelompok A di TK HANDAYANI PLAOSAN  melalui kegiatan bermain, untuk mengetahui pengembangan motorik kasar dengan media karpet three in one (bermain, belajar, dan berolah raga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan analisis data, maka diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ditemukan adanya perubahan perilaku pada anak setelah diberikan suatu tindakan dan keterampilan motorik kasar anak telah mengalami perkembangan. Anak lebih semangat, antusias, dan semakin terampil dengan aspek pengembangan yang dinilai dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan bermain melalui media karpet three in one ternyata tidak mudah karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya kesabaran, ketlatenan, kecepatan, keseimbangan, kekuatan, dan latihan secara rutin, bahwa setiap kegiatan itu perlu adanya penjelasan dan contoh serta motivasi dari guru untuk memudahkan anak menyelesaikan tugasnya dengan baik, dan bahwa setiap kegiatan itu sangat perlu memperhatikan media yang digunakan, penggunaan media/objek secara nyata akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak karena dengan adanya media secara nyata, akan menambah awasan dan imajinasi anak dari pada hanya sebuah gambar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun