Semakin menuanya tahun, pasti semakin canggih betul? Â Adanya sosial media semua kegiatan pemasaran dapat dipermudah. Tidak usah kesana kemari mencari pangsa pasar, cukup gunakan sosial media dengan kreatif dan bijak, pangsa pasar pasti tercapai.Â
Sosial media yang telah berkembang sejak 24 Â Mei 1844, yang kemudian memunculkan akar jaringan digital tahun 1997 bernama Six Degrees. Tidak lama kemudian, terbitlah Friendster tahun 2001 menggantikan Six Degrees. Tahun 2002, didirikan LinkedIn yang berguna bagi pejuang karir. Â Lalu tahun 2003 muncul MySpace, dimana dikunjungi oleh banyak orang. Namun 2008, MySpace terkalahkan oleh Facebook, yang masih populer hingga saat ini.Â
Menurut N. Howard dan M.R Parks (2012) -- "Media sosial adalah media yang terdiri atas tiga bagian, yaitu : Insfrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, Isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital, Kemudian yang memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan industri."
Digital Marketing merupakan istilah pemasaran digital, dimana diartikan sebagai proses kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Dengan tujuan pemasaran mampu menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.Â
Digital marketing menurut Coviello, Milley And Marcolin (2001:26) adalah "penggunaan internet dan penggunaan teknologi interaktif lain untuk membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi."
Manfaat adanya Digital Marketing ini ada beberapa yaitu tercapainya pangsa pasar, adanya penggunaan data sebagai laporan evaluasi, biaya lebih minim, dan adanya peningkatan reputasi usaha. Â Digital Marketing tentu membutuhkan Sosial Media untuk dapat terjadinya digital marketing.
Digital Marketing  tentu dilakukan dengan adanya strategi supaya pemasaran menjadi efektif.  Apa aja ya kira kira?
Jenis Digital MarketingÂ
1. Email Marketing
Dimana promosi dilakukan melalui via email.
2. Social Media Marketing
Promosi usaha dilakukan dengan menyebarkan poster melalui sosial media seperti Instagram, WhatsApp, dan banyak lagi.
3. Website Marketing
Promosi dilakukan melalui iklan di website.
4 Video Marketing
Kita bisa menjelaskan informasi mengenai usaha kita dalam bentuk video.
Begitulah penjelasan singkat mengenai sosial media yang berperan penting bagi terjadinya proses digital marketing, semakin berkembangnya fitur sosial media, tentu meningkatkan mutu digital marketing, dimana semakin memudahkan proses pemasaran antara penjual dan pembeli, dimana meluasnya pangsa pasar hingga tercapainya target pasar, dan pembeli pun semakin puas dengan informasi yang didapat.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI