Sebagai jasa ekspedisi yang terbilang baru di Indonesia, J&T Express telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hanya dalam kurun waktu 4 tahun, JT Express sudah berhasil menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan kecanggihan teknologi yang ditawarkan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila jasa ini bisa menjadi solusi cerdas bagi bisnis online masa kini.
Selain melayani pengiriman paket pribadi, jasa pengiriman dengan slogan Express Your Online Business juga menjalin kerja sama dengan berbagai situs e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan masih banyak lagi. Bahkan, tidak sedikit pelaku bisnis online besar yang turut serta menjadi klien VIP. Lalu, apa saja sih keunggulan J&T Express dan menjadi bagian dari klien VIP-nya?
Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh J&T Express yang bisa dinikmati semua customer-nya yaitu:
- Menjangkau seluruh wilayah Indonesia
JT Express telah mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia mulai dari sabang sampai merauke. Hingga kini, sudah ada lebih dari 2000 drop point (DP) sebagai pusat pengiriman maupun pengantaran barang kepada customer. - Memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal
Sebagai logistik di era industri 4.0, JT Express pun telah membekali setiap sistemnya dengan kecanggihan teknologi. Saat ini, jasa tersebut sudah memiliki mesin sortir otomatis untuk mempercepat proses pemilahan barang. Selain itu, juga menawarkan sistem pelacakan paket secara real time scan live dan detail. Nah, sistem pelacakan ini pun sudah terintegrasi dengan aplikasi e-commerce untuk memudahkan pengguna e-commerce mengetahui keberadaan paketnya. Menariknya, setiap sub tracking juga telah dilengkapi informasi karyawan yang melakukan scan sehingga bisa langsung dihubungi ketika terjadi kendala pada paket tersebut. - Memfasilitasi pengguna dengan website dan aplikasi
J&T Express memiliki website maupun aplikasi dengan fitur lengkap sebagai pusat informasi yang dibutuhkan pengguna. Di sini, Anda bisa melakukan pengecekan ongkos kirim dengan harga terbaru sehingga pelaku bisnis online dapat memberikan estimasi biaya pengiriman kepada customer-nya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui lokasi DP terdekat serta melakukan tracking paket. - Memberikan pelayanan penuh selama 365 hari
Keunggulan lain yang ditawarkan oleh J&T Express yaitu memberikan pelayanan penuh selama 365 hari tanpa jeda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bahwa paket tidak diantar selama hari libur. Selain itu, tentu saja dibekali dengan layanan hotline yang bisa diakses selama 24 jam. - Dilengkapi dengan asuransi
Mengirim barang elektronik melalui jasa pengiriman seringkali menjadi pertimbangan berat para customer karena rawan terjadi kerusakan, terutama barang yang mudah pecah. Untuk menjamin keamanan tersebut, J&T Express pun melengkapi layanannya dengan fasilitas asuransi dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. - Bisa bayar di tempat
J&T Express menjadi satu-satunya ekspedisi yang memberikan layanan bayar di tempat untuk paket reguler yang disebut dengan sistem DFOD. Layanan bayar di tempat ini berbeda dengan layanan COD pada beberapa e-commerce. Â Nantinya, yang membayar biaya kirim paket tersebut adalah penerima ketika menerima paket yang diantarkan oleh kurir. - Gratis jemput paket
Menariknya, J&T Express menawarkan fasilitas gratis jemput paket sehingga Anda tidak perlu repot meluangkan waktu untuk ke DP mengirim paket. Penjemputan paket ini tidak dipungut biaya dan tidak ada batasan minimal paket.
Selain beberapa keunggulan di atas, keunggulan lain yang belum banyak diketahui oleh para pengguna J&T Express yaitu Platform VIP. Platform VIP merupakan fitur khusus yang disediakan oleh pihak J&T Express untuk semua klien VIP-nya. Melalui platform tersebut, customer VIP pun bisa melakukan segala aktivitas terkait hanya melalui satu situs seperti melakukan pelacakan paket, melakukan pengecekan ongkos kirim serta melihat resi pengirimannya.
- Menu Input Order
Melalui menu ini, customer bisa melakukan input data pengiriman sesuai pesanannya sendiri. Setelah proses input selesai, nomor resi akan langsung keluar dan bisa diberikan kepada customer-nya untuk melakukan pelacakan di kemudian hari. - Grafik pertumbuhan
Platform VIP dilengkapi juga dengan grafik pertumbuhan yang berisi perkembangan waybill (resi) setiap harinya selama satu minggu atau satu bulan. Perkembangan ini bisa menjadi bahan untuk melakukan analisis perkembangan bisnis online-nya.
Tidak hanya itu, ada juga informasi status pengiriman paket harian, mingguan maupun bulanan. Melalui status ini, customer bisa mengetahui jumlah paket yang telah terkirim, belum terkirim atau terjadi retur. Jika nantinya masih banyak paket belum terkirim dalam waktu lama, customer bisa melakukan follow up melalui pihak J&T. - Informasi biaya kirim
Selain rekapitulasi nomor resi dan jumlah paket, nantinya pada platform VIP juga terdapat informasi biaya yang harus dibayarkan oleh customer sesuai dengan ongkos kirim masing-masing paket. Rincian biaya ini pun bisa dijadikan sebagai bahan analisis keuangan pada bisnis customer VIP.
Melihat dari kecanggihan teknologi yang ditawarkan dan berbagai keunggulan lainnya, sudah bisa dipastikan bahwa J&T Express mampu memenuhi segala kebutuhan logistik di era industri 4.0 sehingga bisa dijadikan pilihan partner terbaik untuk pelaku bisnis online. Â Bagi Anda yang memiliki bisnis online berskala besar, sebaiknya mendaftar sebagai klien VIP.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H