Mahasiswa Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru sedang melakukann sebuah observasi untuk implementasi media pembelajaran tentang kemandirian pada peserta didik siswa sekolah dasar. Media pembelajaran ini berupa komik digital yang berisikan cerita tentang kemandiran para peserta didik.
Implementasi media pembelejaran ini dilakukan oleh kelompok 1 yang beranggotakan 4 orang, diantaranya adalah Anis Rosmayanti, Aceng Fahmi Idris, Devinta Pradita Sari, dan Maliha Zakiyah Sholehah. Kelompok kami ini mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital yang bersangkutan dengan mata kuliah Perkembangan Peserta Didik SD, dengan dosen pengampu yaitu ibu Triana Lestrari, S.Psi., M.Pd yang merupakan salah satu dosen dari Universitas Pendidikan Indonesi Kampus Cibiru program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Implementasi media pembelajaran yang kami lakukan yaitu pada Hari Selasa tanggal 11 April 2023. Sasaran peserta didik kelompok kami yaitu para peserta didik kelas 5 SDN Sukahati 01, Cinunuk Kecamatan Cileunyi, Bandung, Jawa Barat. Saat melakukan implementasi media pembelajaran ini kelompok kami memberikan sebuah kuisioner yang berisikan beberapa pernyataan.
Pernyataan tersebut berupa tentang sifat-sifat kemandirian yang harus dilakukan oleh beberapa para peserta didik. Pernyataan tentang kuisioner tersebut berisikan tentang membuang sampah di tempat sampah, mengerjakan tugas tanpa bantuan orang lain ataupun ornag tua, menyiapkan peralatan sekolah sendiri, dll. Dalam kuisioner tersebut berisikan beberapa kolom jawaban yang berupa tidak pernah, kadang-kadang, sering, dan selalu. Dimana nanti pada peserta didik diminta menjawab jujur tentang beberapa pernyataan yang ada, para peserta didik menjawab pernyataan tersbebut dengan membuat ceklis pada kolom-kolom jawaban yang tersedia.
Setelah para peserta didik menjawab semua pernyataan yang ada di kuisioner, kelompok kami menampilkan komik yang sudah dibuat yaitu komik digital. Dimana komik tersebut berisikan cerita tentang anak-anak yang melakukan kegiatan aktivitas sehari-harinya dengan secara mandiri dan tanpa bantuan dari orang lain. Dalam impelentasian media pembelajaran tersebut kelompok kami menemukan tidak sedikit anak yang sudah melakukan kegiatan sehari-harinya secaraa mandiri, namun ada beberapa anak yang melakukan kegiatan sehari-harinya yang masih dibantu atau memerlukan bantuan dari orang tuanya.
Penulis: Devinta Pradita Sari
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H