Perkembangan teknologi di era milenial mengalami perkembangan yang sangat pesat dan telah mengubah semua bagian dari peradaban. Semua bidang pekerjaan mau tidak mau harus beradaptasi dengan tren yang berkembang saat ini. Realitas ini memotivasi dunia pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas sistem pendidikan maupun guru sebagai pendidik.Â
Dalam bidang pendidikan guru merupakan salah satu komponen utama dalam pendidikan. Berdasarkan Palmer (1998) mengungkapkan bahwa kulitas kurikulum, sistem pendidikan dan fasilitas pendidikan yang memadai tidak akan berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan jika tidak didukung oleh guru yang profesional, oleh karena itu peningkatan kualitas guru sangat diperlukan demi menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia.
Sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang bahwa guru maupun dosen dituntut untuk memiliki empat kompetensi yang meliputi : kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Upaya pemerintah untuk menyiapkan guru profesional untuk keempat kompetensi tersebut telah dilakukan melalui berbagai program.Â
Program tersebut meliputi pelaksanaan program sertifikasi guru bagi guru honorer, memfasilitasi ribuan guru untuk mendapatkan gelar sarjana, melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang kemudian dilanjutkan dengan guru pembelajar (program guru belajar), memberikan berbagai macam pelatihan dan lokal karya, hingga pembenahan kurikulum pendidikan guru di jenjang perguruan tinggi dengan memperluas program pendidikan guru menjadi Program Pendidikan Guru (PPG) satu tahun di samping program sarjana empat tahun. Berbagai upaya tersebut dirancang guna membantu meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pada guru maupun calon guru dalam rangka mencapai keberhasilan pendidikan nasional.
Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan profesional guru, namun tantangan menjadi guru yang profesional bukanlah hal yang mudah jika melihat kenyataan bahwa semakin banyak tuntutan dan perkembangan zaman di era milenial saat ini. Di era milenial guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai dan dengan kebutuhan generasi milenial. Generasi milenial merupakan generasi yang tumbuh dan berkembang di era digitalisasi dimana teknologi berkembang pesat sehingga berdampak pada kehidupan mereka sehari-hari. Penggunaan ponsel, internet dan jejaring sosial media telah menjadi teman dalam kehidupan generasi milenial.
Melihat kondisi generasi milenial dan permasalahan yang mereka hadapi, para guru harus kreatif, imajinatif, dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Guru harus dapat memahami kondisi, keadaan, dan kebutuhan siswa untuk kemudian dapat merumuskan metode pembelajaran maupun strategi pembelajaran yang tepat bagi generasi milenial. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Hasbi, et al (2022) bahwa pendekatan pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat memadukan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan siswa. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menggugah semangat belajar siswa agar mereka memperhatikan materi pembelajaran, serta dapat membantu siswa dalam meningkatkan pola pikir yang kreatif.Â
Di era milenial ini guru harus dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang sebagai potensi untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta memberikan bekal teknologi bagi siswa. Berbagai bentuk adaptasi guru di era milenial ini dapat dilakukan melalui penyesuaian konten kurikulum dengan konten yang akan mempersiapkan siswa dengan kemampuan abad 21, serta milih dan menerapkan berbagai model pembelajaran kekinian yang cocok untuk generasi milenial. Penggunaan teknologi digital sebagai media pembelajaran yang menggabungkan aspek visual dan audio seperti video animasi pembelajaran dapat dikembangkan menjadi alternatif pembelajaran yang interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, di samping itu penggunaan perangkat teknologi dalam pembelajaran juga dapat mendorong guru untuk meningkatkan kompetensi dalam dirinya.
Oleh karena itu, peningkatan profesionalisme guru menjadi sesuatu yang esensial dalam dunia pendidikan, peningkatan profesionalisme guru dilakukan agar dapat menyiapkan guru maupun calon guru yang berkompeten agar dapat menghadapi dan mengatasi segala bentuk tantangan dalam dunia pendidikan khususnya dalam kegiatan belajar mengajar seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin meluas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H