Mohon tunggu...
Devi Natsha
Devi Natsha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi/universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Selanjutnya

Tutup

Kkn

Efektivitas Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Bunda Desa Jatisawit

28 Agustus 2024   09:40 Diperbarui: 28 Agustus 2024   13:13 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PAUD Mutiara Bunda Desa Jatisawit 

Pada hari Senin, 26 Agustus 2024 Peserta KKN Muhammadiyah 'Aisyiyah dari Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka melaksanakan program kerja untuk meningkatkan keterampilan literasi numerasi awal anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Bunda Desa Jatisawit. Tempat pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di PAUD Mutiara Bunda Desa Jatisawit yang beralamat di Jalan Jatiyoso-Wonogiri, Geneng, Jatisawit, Kec. Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sasaran penelitian yang dituju pada program pengabdian kepada masyarakat ini adalah anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Jatisawit dengan jumlah siswa sebanyak 9 anak. Pelaksanaan PKM ini berupa pengenalan huruf abjad pada anak-anak PAUD di Desa Jatisawit. 

 Kegiatan ini bertujuan untuk seberapa efektif permainan ular tangga dalam meningkatkan literasi numerasi dengan cara yang menyenangkan melalui permainan ular tangga sehingga anak tidak mudah bosan dalam belajar. 

Kemampuan literasi numerasi merupakan bagian penting bagi manusia di kehidupan sehari-hari, maka kemampuan ini perlu dilatih dan diajarkan sejak dini. Tentunya dengan menggunakan berbagai media yang menarik dan kreatif.

Meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak usia dini dengan media ular tangga, di sini anak bermain ular tangga dengan anak sebagai pionnya, anak dikenalkan dengan huruf abjad dan angka yang terdapat pada dadu. Tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada anak setelah kegiatan permainan dengan media ular tangga, setelah pelaksanaan kegiatan diharapkan siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tentang mengenalkan huruf. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di PAUD Mutiara Bunda Desa Jatisawit dalam menerapan media pembelajaran untuk meningkatkan literasi numerasi dengan media permainan ular tangga merupakan salah satu cara agar anak dapat belajar sambil bermain. Kemudian pada setiap kotak anak diminta untuk menyebutkan huruf abjad dan kemudian anak diberikan apresiasi (reward) sebagai bentuk motivasi anak yang kemudian ditempelkan pada kertas apresiasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kkn Selengkapnya
Lihat Kkn Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun