Pentingnya Kepuasan Kerja dan Bagaimana Meningkatkannya
Kepuasan kerja adalah suatu sikap karyawan terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan situasi kerja, kerja sama antar karyawan, imbalan yang diterima dalam kerja, dan hal-hal yang menyangkut faktor fisik dan psikologis. Sikap terhadap pekerjaan adalah hasil dari sejumlah sikap khusus individu dengan faktor-faktor dalam pekerjaan, penyesuaian diri individu, dan hubungan sosial individu di luar pekerjaan, sehingga menimbulkan sikap umum individu pada pekerjaan yang dihadapinya (Sutrisno, 2020). Kepuasan kerja menjadi masalah yang cukup menarik dan penting, karena terbukti besar manfaatnya baik bagi kepentingan individu, dan industri. Artikel ini akan membahas pentingnya kepuasan kerja dan memberikan tips bagaimana cara meningkatkannya.
*Mengapa Kepuasan Kerja Penting?
Kepuasan kerja adalah hal yang penting untuk aktualisasi diri, karyawan yang tidak memperoleh kepuasan kerja tidak akan mencapai kematangan psikologis, sehingga akan membuat karyawan akan merasa frustrasi. Kepuasan kerja berhubungan erat dengan sikap dari pada karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerja sama baik antara pimpinan maupun dengan sesama karyawan (Tiffin, 2010).
Berikut alasan mengapa kepuasan kerja penting:
1.Meningkatkan Produktivitas
Kepuasan kerja dapat meningkatkan produktivitas kerja karena karyawan merasa dihargai dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan.
2.Mengurangi Stres dan Burnout
Lingkungan kerja yang mendukung dapat meningkatkan kepuasan kerja dan membantu karyawan mengurangi setres, karena karyawan merasa mampu menangani tekanan dan merasa lebih santai.
3.Meningkatkan Retensi Karyawan
Jika perusahaan dapat menjaga kepuasan kerja karyawannya itu berarti perusahaan memiliki tingkat retensi yang lebih tinggi.
*Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja
1.Lingkungan Kerja
Lingkungan kerja sangat penting, karena lingkungan kerja yang nyaman, aman dan mendukung sangat berpengaruh bagi kepuasan kerja karyawan.
2.Hubungan dengan Rekan Kerja
Memiliki hubungan yang harmonis dengan rekan kerja juga dapat meningkatkan rasa kepuasan kerja.
3.Kesempatan Pengembangan Diri
Karyawan yang memiliki kesempatan untuk berkembang, seperti mendapatkan promosi atau pelatihan, dapat meningkatkan kepuasan kerja karena karyaan merasa dihargai dan termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya.
4.Penghargaan dan Pengakuan
Karyawan yang mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas pencapaiannya, baik secara finansial maupun non-finansial, sangat berpengaruh terhadap meningkatnya rasa kepuasan kerja.
*Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja
1.Memberikan Feedback Positif
Memberikan feedback yang positif sangat penting bagi perusahaan, karena karyawan yang mendapatkan umpan balik yang positif atas kerja kerasnya dapat meningkatkan rasa kepuasan.
2.Menciptakan Keseimbangan Kerja dan Hidup
Perusahaan yang menawarkan kerja dengan jam kerja yang fleksibel atau pekerjaan yang dapat dikerjakan dari rumah, sangat dapat meningkatkan rasa kepuasan karena karyawan dapat menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.
3.Meningkatkan Komunikasi Internal
Komunikasi yang baik antara perusahaan dan karyawan dapat membangun keharmonisan dan rasa percaya serta rasa hormat satu sama lain.
4.Menawarkan Kesempatan Pengembangan Karier
Menawarkan kesempatan promosi, mendapatkan pelatihan yang lebih dapat meningkatkan rasa puas dan memotivasi karyawan untuk tetap loyal dan dapat juga meningkatkan produktivitas kinerja karyawan.
5.Melibatkan Karyawan dalam Pengambilan Keputusan
Perusahaan yang mengikutsertakan karyawan dalam diskusi dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan mereka dapat meningkatkan rasa loyalitas  dan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H