Penulis: Devika Amalia Damayanti (1122100059)
Dosen Pembimbing Magang: Drs. Ute Chairuz M. Nasution, M.S.
Pendidikan di perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk memenuhi tantangan global. Dalam era yang sangat dinamis dan berubah, pendidikan harus dapat memberikan pengalaman praktis dan teoritis yang komprehensif kepada mahasiswa. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mahasiswa perlu untuk melakukan magang dan praktik kerja karena agar mahasiswa mampu untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka pelajari di kelas ke dalam situasi kerja yang sebenarnya. Untuk menilai kesiapan mahasiswa dengan kondisi kerja di lapangan, maka penulis memilih untuk melaksanakan kegiatan magang di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VIII Surabaya pada bagian SDM dan Umum. Diharapkan agar setelah magang, saya sudah mempunyai bekal yang cukup untuk memasuki persaingan di dunia kerja, memperkecil kesenjangan antara pengetahuan dan keterampilan, serta meningkatkan daya saing di dunia kerja.
PT Kereta Api Indonesia atau disingkat PT KAI adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki produk utama berupa layanan transportasi umum dengan kereta api. Adapun layanan yang disediakan PT Kereta Api Indonesia mencakup angkutan penumpang dan barang. PT Kereta Api Indonesia terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi para pengguna layanannya. Sampai saat ini, PT KAI sudah memiliki sejumlah anak perusahaan, yakni KAI Services, KAI Bandara, KAI Commuter, KAI Wisata, KAI Logistik, dan KAI Properti.Â
Sejarah berdirinya PT Kereta Api Indonesia tentu saja tidak lepas dari sejarah perkeretaapian, yang telah dimulai sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Jalur kereta api pertama di Indonesia adalah Semarang-Vorstenlanden . Jalur ini di bangun di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Pembangunan dilaksanakan oleh perusahaan swasta Naamloze Vennootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij menggunakan lebar sepur 1435 mm. Sementara itu, pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api negara melalui Staatsspoorwegen pada tanggal 8 April 1875. Rute pertama SS meliputi Surabaya-Pasuruan-Malang.
Setelah Indonesia Merdeka, Kantor Pusat Kereta Api di Bandung diambil alih pada 28 September 1945. Pada hari itu pula berdiri Tanggal pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api kini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia. Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia . Ketika Belanda kembali ke Indonesia tahun 1946, Belanda membentuk kembali perkeretaapian di Indonesia bernama Staatsspoorwegen/Verenigde Spoorwegbedrijf , gabungan SS dan seluruh perusahaan kereta api swasta.
Dalam usaha melakukan perbaikan bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaannya untuk menjadi perusahaan yang unggul dan sukses, PT KAI harus mampu memahami dengan baik ilmu manajemen sumber daya manusia, dan menerapkannya ke dalam perusahaan. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan dan masyarakat.Â
Selama kurang lebih 2 bulan melakukan magang di PT KAI Daop 8 Surabaya, khususnya di unit SDM&Umum, saya mendapat banyak pengalaman terkait dunia kerja yang bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya manusia sebagai aset utama perusahaan. Dari hasil yang diperoleh selanjutnya yaitu saya bisa meningkatkan kemampuan dalam menginput data, memaksimalkan penggunaan Excel dan juga mengatur dan mengelola dokumen. Pengalaman lain yang saya dapatkan yaitu dapat mengikuti kegiatan Diklap yang menjadi agenda dari unit SDM dengan peserta pegawai/karyawan KAI lainnya. Dalam mengikuti kegiatan diklap ini, saya bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan praktikum dalam berbagai aspek keahlian, seperti mendapat peningkatan keahlian dalam membuat soal-soal di Gfrom, merekap nilai, membuat ISO Laporan, JP (Jam Pelajaran) Mengajar, Dokumentasi, dan Scan Absensi yang dibutuhkan dalam Diklap. Dalam keterlibatan ini, membuat saya mendapat feedback dari peserta diklap serta pengalaman yang belum didapatkan selama di dunia kerja.Â
Beberapa program diklap yang sudah dilaksanakan yaitu Diklap Refreshing Penjaga Perlintasan Kereta Api Angkatan 1 Daop 8 Surabaya, Diklap Refreshing Tenaga Operator Kereta Perawatan Jalan Rel Angkatan 1 di Ruang Depo Lokomotif Sidotopo, Diklap Refreshing Tenaga Pemeriksa Jalur dan Bangunan Kereta Api Tingkat Pelaksana Angkatan 1 di Ruang Belajar Depo Lokomotif  Besar A Sidotopo, Diklap Refreshing Catu Daya Persinyalan Angkatan I di Argowilis & Stasiun Surabayakota.