Mohon tunggu...
Devi Anantanur
Devi Anantanur Mohon Tunggu... Ahli Gizi - KKN Tim 2 Undip

p2kknundip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pendampingan Belajar dengan gunakan Media Sosial di Desa Pinang Seribu

5 Agustus 2021   21:11 Diperbarui: 5 Agustus 2021   21:23 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melakukan observasi lapangan/dokpri

Samarinda, Kalimantan Timur (04/08/2021) – Situasi Pandemi yang disebabkan Virus Covid-19 saat ini memberikan banyak dampak disegala aspek kehidupan, salah satunya adalah dibidang pendidikan yang mengharuskan siswa belajar secara daring di rumah. Kegiatan KKN yang diselenggarakan Universitas Diponegoro dengan tema “Pulang Kampung” ini mempunyai tujuan agar mahasiswa mampu berkontribusi dengan program yang dirancang di lingkungan tempat tinggalnya. 

Salah satu programnya yaitu melakukan pendampingan pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan media sosial pada anak usia sekolah dasar di Desa Pinang Seribu, Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Pengimplementasiannya dengan melakukan pendampingan belajar dan penggunaan media sosial secara door to door maupun WAG sehingga diharapkan orang tua mampu mensupport kegiatan belajar mengajar secara daring.

Banyaknya anak-anak usia sekolah di Desa Pinang Seribu yang terdampak dalam kegiatan pembelajaran yang ditiadakan secara tatap muka, sehingga menurunkan minat belajar dan nyaris putus sekolah dikarenakan kesulitan belajar secara daring. Kebanyakan anak-anak lebih memilih bermain dengan teman-temanya pada saat jam belajar. Saat melakukan observasi dilapangan didapati banyak anak usia sekolah yang tidak mengenal siapa gurunya dan lupa dengan pelajaran dasar. 

Pendampingan belajar pada anak/dokpri
Pendampingan belajar pada anak/dokpri

Pembelajaran secara daring wajib ditempuh para siswa, dan kondisi dilapangan tidak semudah yang diharapkan antara lain siswa belum terbiasa belajar lewat daring, orang tua belum menguasai media untuk pembelajaran daring, sinyal internet kurang stabil, dll. Oleh karena itu perlu dilakukan pendampingan secara intensif dalam penggunaan media belajar secara daring guna mengembalikan minat belajar anak-anak. Selama proses pendampingan ini orang tua dan anak sudah mampu mengoperasikan media untuk pembelajaran dan anak lebih bersemangat dalam proses belajar karena sudah lebih paham dengan sistem pembelajaan jarak jauh.

Penulis : Devi Anantanur
Dosen Pembimbing : Rabith Jihan Amruli, S.S., M.Hum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun