Mohon tunggu...
Devara AlfaritziWiraka
Devara AlfaritziWiraka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat & Komunikasi UNJ

Seorang mahasiswa yang mendalami bidang kehumasan, desain grafis, dan musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

D4 Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital: Berkuliah Sambil Menyalurkan Hobby

26 Maret 2024   22:23 Diperbarui: 26 Maret 2024   22:31 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

D4 Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital - Pengalaman saya sebagai salah satu mahasiswa di Program Studi D4 Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital di Universitas Negeri Jakarta benar-benar unik. Dalam satu semester berkuliah, saya merasa bahwa saya bisa dengan leluasa mengalirkan hobi kreatif saya dengan bebas, terutama dalam bidang desain grafis dan editing video. 

Beberapa mata kuliah yang saya ambil seringkali memberikan tugas yang memungkinkan saya untuk mengeksplorasi bakat kreatif saya lebih dalam lagi. Mulai dari membuat desain poster, infografis, hingga menghasilkan film, semuanya terasa seperti petualangan yang menyenangkan bagi saya yang selalu mencari tantangan baru di dunia kreatif. 

Salah satu contoh menarik adalah ketika dalam mata kuliah pengembangan kepribadian, sebuah mata kuliah yang bertujuan mendukung mahasiswa dalam mengembangkan kepribadian diri melalui sudut pandang praktisi Humas. Pada mata kuliah ini tugas ujian akhir semester kami adalah membuat film pendek dengan tema pengembangan kepribadian. 

Awalnya, saya merasa sedikit tertantang oleh tugas ini. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari bahwa ini adalah kesempatan bagi saya untuk belajar berbagai teknik pembuatan film, memahami cara efektif mengkomunikasikan suatu topik melalui media audio visual, dan mengasah keterampilan kreatif saya.

Pengalaman ini tidak hanya memberi saya pengetahuan yang lebih mendalam tentang proses kreatif dalam produksi film, tetapi juga membuka pemahaman baru tentang hubungan antara kreativitas dengan studi HMKD (Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital). Saya menyadari bahwa kemampuan untuk berpikir kreatif dan menghasilkan konten yang menarik adalah keterampilan yang sangat berharga dalam dunia hubungan masyarakat dan komunikasi digital.

Saya sangat bersyukur bisa mengeksplorasi minat dan bakat saya dalam lingkungan akademis yang mendukung seperti ini. Setiap hari, saya merasa terdorong untuk terus berkembang dan mengeksplorasi potensi kreatif saya lebih dalam lagi. Semua ini membuat perjalanan pendidikan saya menjadi lebih berwarna dan berarti.

Tidak hanya itu, tetapi juga penting untuk dicatat bahwa pengalaman saya di Program Studi D4 HMKD juga memberi saya kesempatan untuk berkolaborasi dengan teman-teman sekelas yang memiliki minat dan bakat yang sama. Tak jarang kami saling menginspirasi dan mendukung satu sama lain dalam setiap proyek yang kami kerjakan. Hal ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar saya, tetapi juga membangun jaringan yang sangat berharga di dunia industri kreatif.

Semua ini merupakan bagian integral dari pengalaman belajar saya di Universitas Negeri Jakarta. Saya tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tentang hubungan masyarakat dan komunikasi digital, tetapi juga mendapat kesempatan untuk terlibat langsung dalam praktiknya. Hal ini sangat membantu saya untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif dan dinamis.

Dengan adanya dukungan dari dosen-dosen yang berpengalaman dan fasilitas yang cukup memadai, saya merasa sangat optimis tentang masa depan karier saya dalam industri kreatif. Saya yakin bahwa apa yang saya pelajari dan alami selama ini akan menjadi modal berharga dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Secara keseluruhan, pengalaman saya sebagai mahasiswa di Program Studi D4 HMKD di Universitas Negeri Jakarta telah memberi saya banyak pelajaran berharga dan kenangan tak terlupakan. Saya bangga menjadi bagian dari komunitas ini dan saya tidak sabar untuk melihat apa yang akan saya capai di masa mendatang. Semoga pengalaman saya ini dapat menginspirasi banyak orang untuk mengejar minat dan bakat mereka, serta meraih impian mereka dalam dunia kreatif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun