Mohon tunggu...
Devan adi pawoko
Devan adi pawoko Mohon Tunggu... Mahasiswa - NIM: 43220010008 (Sarjana Akuntansi Universitas Mercubuana)

Sarjana Akuntansi Universitas Mercubuana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

TB 2-Prof Dr. Apollo "Perlunya Sikap Inovatif pada Organisasi Profesional untuk Menghasilkan Reputasi kerja"

9 November 2021   23:15 Diperbarui: 10 November 2021   12:18 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini perusahaan sedang dihadapkan dengan perkembangan zaman yang begitu cepat. Selain itu berbagai inovasi baru terus bermunculan terutama dalam bidang teknologi. Setiap perusahaan diperlukan sebuah strategi khusus untuk menghasilkan inovasi dan reputasi agar dapat bertahan ditengah perkembangan zaman. Pada akhirnya perusahaan harus mampu mengadaptasi teknologi tersebut agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Kecanggihan teknologi tidak dapat dillepaskan dari suatu sistem kerja mesin dan komputer. Cybernetic atau sibernetik adalah disiplin ilmu komunikasi yang berkaitan dengan mengontrol mesin dan teknologi. Sedangkan Sibernetika organisme adalah hubungan manusia dan mesin dan berkisar di lingkup dari komputer yang memiliki pola pikir dan kemampuan untuk memahami dan menghasilkan sebuah inovasi dan originalitas pada organisasi professional. Dengan adanya kecanggihan tersebut perusahaan mampu mendapatkan sebuah reputasi dari bagaimana cara perusahaan tersebut berinovasi dan menggunakan teknologi.

Reputasi atau citra adalah sebuah bentuk gambaran dari benak seseorang yang dapat ditunjukan dengan bentuk atau keadaan yang sebenarnya. Bill Canton mengatakan bahwa " citra adalah kesan, perasaan, gambaran dari publik terhadap perusahaan kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu objek, orang atau organisasi". Reputasi atau Citra dapat diubah menjadi suatu hal yang negative jika ternyata keadaan sebenarnya tidak sesuai dengan maksud dan tujuan yang ingin dicapai.

Dengan adanya perkembangan zaman yang semakin canggih kita sebagai manusia dituntut untuk dapat memiliki sikap inovatif agar teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik. Sikap inovatif sangat diperlukan dalam organisasi professional. Sikap merupakan sebuah persepsi dalam bertindak, berpikir dan merasa dalam menghadapi objek, ide, situasi atau nilai. Sikap bukanlah sebuah perilaku, akan tetapi merupakan kecenderungan untuk berperilaku dengan cara-cara tertentu. Sikap tersebut tidak dapat muncul dengan sendirinya tanpa adanya sebuah kewajiban atau motif dalam sebuah organisasi. Motif Adalah keinginan dalam pribadi seseorang yang mendorong individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. 

terdapat beberapa hal dari sikap yang dapat dirasakan oleh anggota organisasi. pertama,Sikap terbuka dengan mau menerima berbagai masukan mengenai inovasi, mempertanyakan inovasi, dan meyakini bahwa inovasi tersebut mampu meningkatkan reputasi atau kemampuan organisasi. Kedua,memiliki persepsi positif terhadap potensi dari inovasi tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan  dengan meyakini bahwa organisasi mampu menggunakan inovasi tersebut dengan baik. Selain itu komitmen untuk siap menghadapi timbulnya masalah ketika penerapan inovasi tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Inovasi harus disadari sebagai suatu ide atau material yang dapat diterima oleh penerimanya. inovasi merupakan salah satu  upaya untuk menyelesaikan masalah yang ada. Keputusan untuk membuat inovasi ini wajib disadari oleh seluruh orang di dalam organisasi.

Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan reputasi kinerja agar mendapatkan sebuah hasil atau inovasi yang diinginkan yaitu:

1. Environmental Scaning

Enviromental Scaning
Enviromental Scaning

Yaitu proses mengamati lingkungan sekitar agar dapat kita ubah untuk mencapai sebuah tujuan. Lingkungan pada organisasi professional terdapat bagaimana sebuah mekanisme kerja terjadi. Lingkungan eksternal dan internal sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan mulai dari sumber daya yang diperlukan hingga skill dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai sebuah reputasi.

2. Strategy Formulation

Strategy Formulaiton
Strategy Formulaiton

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun