Mohon tunggu...
Deva Elang
Deva Elang Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa biasa dengan minat literasi dan sastra

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

UMKM Desa Campursari Go Digital : KKN-T UNIPMA 2025 Bantu Pemasaran Lewat Media Sosial

27 Januari 2025   17:10 Diperbarui: 27 Januari 2025   15:09 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Pelaku Usaha (Sumber : Milik Pribadi) 

Pada Januari 2025, anggota KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Kelompok 12 Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melakukan sebuah inisiatif penting dalam meningkatkan pemasaran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Desa Campursari. Melalui program yang terintegrasi dengan teknologi digital, para mahasiswa KKN ini mengidentifikasi sejumlah masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM setempat, khususnya dalam hal pemasaran produk.

Salah satu masalah utama yang ditemukan adalah minimnya pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran. Banyak pelaku UMKM di Desa Campursari belum memaksimalkan potensi platform media sosial untuk memperkenalkan produk mereka kepada pasar yang lebih luas. Hal ini menyebabkan produk-produk lokal kurang dikenal dan sulit untuk bersaing di pasar yang lebih besar.

Untuk mengatasi masalah ini, anggota KKNT Kelompok 12 mengambil langkah konkret dengan membantu para pelaku UMKM dalam pembuatan dan pengelolaan akun media sosial yang sesuai dengan karakteristik produk mereka. Selain itu, program ini juga melibatkan endorsement produk-produk UMKM yang ada di desa tersebut. Para mahasiswa KKN bekerja sama dengan influencer lokal untuk mempromosikan produk-produk UMKM, yang secara signifikan membantu meningkatkan visibilitas produk tersebut di dunia maya.

Pendampingan Pemasaran Media Sosial
Pendampingan Pemasaran Media Sosial "UMKM Duta Snack" (Sumber : Milik Pribadi) 

Hasilnya, UMKM di Desa Campursari kini semakin dikenal oleh masyarakat luas, baik di tingkat lokal maupun regional. Pemasaran melalui media sosial telah membawa dampak positif, dengan peningkatan jumlah konsumen yang tertarik membeli produk dari desa tersebut. Pelaku UMKM merasa terbantu dengan adanya dukungan pemasaran digital yang mempermudah mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya pemasaran yang besar.

Inisiatif ini menjadi contoh nyata bagaimana peran mahasiswa dalam kegiatan KKN tidak hanya terbatas pada pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga memberikan kontribusi langsung dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi. Para pelaku UMKM di Desa Campursari kini berharap dapat terus memperluas jangkauan pemasaran mereka melalui media sosial dan terus meningkatkan kualitas produk mereka untuk bersaing di pasar yang semakin berkembang.

Pendampingan Pemasaran Media Sosial
Pendampingan Pemasaran Media Sosial "UMKM Ulat Sutra Antika" (Sumber : Milik Pribadi)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun