Mohon tunggu...
KKN TIM 2 UNDIP 2023.
KKN TIM 2 UNDIP 2023. Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Alasanku Memilih Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro!

12 Juni 2023   16:25 Diperbarui: 12 Juni 2023   16:42 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Siapa yang bingung milih jurusan kuliah? Tenang, aku juga hehe dan akhirnya sekarang aku ada di Ilpus Undip dan kira² kenapa ya aku milih jurusan ini? 

Alasan saya memilih untuk kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan yaitu awalnya niat saya ingin keluar dari zona hitung menghitung, karena waktu SMA saya jurusan MIPA. Saya merasa tidak terlalu berminat dan merasa kurang menguasai untuk nanti kuliah di jurusan yang berkaitan dengan MIPA. Oleh karena itu saya memulai untuk melihat jurusan yang nantinya akan saya pilih. Saya pun ingin kuliah di jurusan SOSHUM dan akhirnya saya menemukan jurusan Ilmu Perpustakaan dan memulai untuk menggali lebih dalam tentang jurusan ini.

Jurusan Ilmu Perpustakaan dapat disebut dengan jurusan yang kurang didengar ditelinga masyarakat atau orang lain. Saya pun membaca berbagai pendapat bahwa jurusan ini tergolong jurusan yang menarik. Yang awalnya saya kira jurusan ini sepenuhnya hanya mempelajari tentang seluk beluk “Perpustakaan” itu sendiri sesuai dengan namanya. Selain itu saya mengira bahwa dijurusan ini harus memiliki hobi membaca atau bisa disebut juga “kutu buku”.

Saya belum pernah mendengar teman-teman saya ada yang kuliah di jurusan ilmu perpustakaan. Karena jurusan ilmu perpustakaan ini juga tidak semua perguruan tinggi negeri maupun swasta ada. Hanya di beberapa PTN saja, termasuk di Universitas Diponegoro. Yang kebetulan sedaerah dengan rumah tinggal saya. Peluang untuk masuknya pun bisa dilihat tidak terlalu ketat dengan jurusan yang lain di UNDIP.

Jurusan ini tergolong jurusan yang menarik seperti halnya tadi yang telah dijelaskan dari berbagai pendapat. Apa yang saya kira sebelum saya mengenali lebih dalam, sangat berbeda dengan yang saya kira awal saat saya mendengar jurusan ini. Banyak yang meremehkannya juga. Namun, dengan pertimbangan saya memutuskan untuk memilih jurusan ini. Dan yang membuat saya tertarik yaitu ternyata dijurusan ini tidak hanya mempelajari tentang ruang perpustakaan, namun jika kuliah dijurusan ini juga akan mempejari tentang ilmu kearsipan, teknologi infomasi, administrasi perkantoran, dan masih banyak lagi. Selain itu mata kuliahnya terdapat statistik, yang akan berhubungan dengan hitung menghitung. Jadi saya bisa menggunakan sedikit ilmu saya waktu SMA dulu.

Saya memposisikan jurusan Ilmu perpustakaan di UNDIP pada pilihan pertama, karena saya sudah yakin dengan keputusan itu setelah berdiskusi dengan teman, guru, dan orang tua saya. Karena saya melihat pada jurusan ini pula, dapat bekerja sama dengan berbagai pihak. Kurangnya minat membaca sesorang juga menjadi alasan saya. Dan kurangnya keinginan untuk mengunjungi ruang perpustakaan itu juga membuat diri saya termotivasi. Saya hendak menerapkan nantinya kalau perpustakaan tidak membosankan dan idak dianggap hal yang sepele. Apalagi Indonesia ini minat bacanya hanya sekitar 0,000001 persen saja, dan merupakan negara dengan minat membaca terendah.

Saya pun juga merasa bosan jika disuruh membaca di ruang perpustakaan dengan alasan tertentu, salah satunya kurang menariknya ruangan itu sendiri. Saat kuliah nanti saya sedikit demi sedikit mengetahui alasan mengapa hal itu sendiri dapat terjadi di kalangan masyarakat, pelajar khususnya. Selain itu, salah satu mata kuliahnya yang saya sebutkan sebelumnya, terdapat kearsipan.
 

Arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan. Arsip itu sendiri dapat berupa surat, warkat, akta, piagam, buku, dan sebagainya. Dengan adanya perkembangan teknologi juga, arsip dapat berbentuk audio, video dan digital. Maka dari itu setiap lembaga ataupun perusahan kecil maupun besar pasti memiliki sebuah dokumen-dokumen yang perlu untuk dirapikan, termasuk dalam hal arsip dokumen.
Teknologi Informasi adalah suatu ilmu teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, meyimpan, mengkomunikasikan atau menyebarkan informasi. Di Jurusan ini pun juga nantinya akan mempeajari tentang Teknologi Informasi.mengingat halnya, teknologi Informasi yang pada era sekarang semakin berkembang pesat. Sehingga terdapat perpaduan yang seimbang dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada tanpa tertinggal. Contohnya sudah ada e-book yang sangat memudahkan pembaca untuk mengakses buku-buku yang ada dengan mudahnya.

Ilmu yang dipelajari dalam jurusan Ilmu Perpustakaan sangatlah luas. Lulusannya pun diperkiraan dapat memiliki prospek peluang kerja dengan besar. Dapat bekerja di dalam sebuah perusaahan. Tidak hanya itu, di jurusan ini juga mempelajari tentang kewirausahaan. Kewirausahaan itu sendiri adalah sebuah sikap mental seseorang yang didasari rasa kreativitas dan budaya cipta menghasilkan suatu barang yang bernilai jual.

Sehingga saat sudah menyelesaikan bidang studi nanti, saya memiliki bekal ilmu untuk menerapkan dalam pembuatan usaha. Atau saya dapat meneruskan usaha ayah saya yang telah berjalan kurang lebih 20 tahun. Dimana nantinya saya akan menerapkan ilmu-ilmu yang telah saya dapatkan selama belajar di jurusan ini. Saya juga dapat menggunakan ilmu teknologi dalam pengembangan usaha saya nanti. Itu pilihan saya jika nantinya setelah lulus. Karena dengan kita membuka usaha sekecil apapun itu. Maka kita telah membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Dengan adanya peluang prospek kerja yang bagus, dan terbilang cukup luas, maka dari itu saya memutuskan untuk memilih jurusan ini. Dan saya akan buktikan sesuai kemampuan saya dan pengalaman saya jika nantinya lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan tidak selamanya akan bekerja di ruang perpustakaan, walaupun memang peluang kerjanya dapat menjadi bagian dari Perpustakaan itu sendiri, sehingga orang lain tidak meremehkan atau menilai ataupun memandang sebelah mata terhadap jurusan Ilmu Perpustakaan ini, khusunya jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Diponegoro.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun