Peran public relation (PR) dalam menggunakan media relation di era digital dikupas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Hubungan Masyarakat, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dalam kegiatan Talkshow: Digital Media Relations. Kegiatan ini berlangsung secara online melalui platform Zoom Meeting pada Senin, 20 Juni 2022 mulai pukul 09.00 WIB s/d selesai. Tema yang diangkat dikupas dengan menghadirkan pembicara professional yaitu Tesa Pujiastuti, selaku Public Relations & Event Marketing Manager Alila Hotel Solo dan Aviani Malik selaku News Anchor & Investigative Journalist Metro TV.Â
Dalam Talkshow yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam itu, para pemateri memaparkan materi sembari mengajak mahasiswa PR agar lebih aktif dan update (peka) terhadap isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat.Â
Dalam kesempatannya, Aviani Malik mengatakan, "PR adalah pekerjaan yang dimudahkan dengan media digital dengan meng-creat strategi yang lebih kreatif dan lebih baik." Menurutnya, ketika kita memiliki kemampuan big data yang besar maka kita akan mampu mengembangkan strategi yang lebih besar dalam membangun media relation. Mengingat bahwa PR tugas sehari-harinya adalah meng-update informasi, maka seorang PR harus cekatan dalam mengetahui apa yang terjadi hari ini, dengan begitu ia akan terbiasa dalam menghadapi hal/isu yang akan terjadi secara tiba-tiba, dengan kata lain seorang PR haruslah memperkuat instingnya agar dapat menyusun strategi dalam jangkau waktu yang cepat. Informasi dapat diperoleh melalui berbagai media seperti dari koran, jurnal, dll sehingga nantinya kita akan terbiasa mengerjakan sesuatu yang terjadi tiba-tiba. setelahnya kita akan menjadi terbiasa untuk menciptakan strategi dengan waktu yang cepat.
Bagi PR di era digital ini menjaga professionalitas yaitu dengan menjaga informasi yang kita berikan. Semakin besar informasi yang kita berika maka akan semakin baik. Daengan sesuatu yang lebih update, seorang PR akan mampu meng-grab publik demi menjangkau audiens yang lebih luas. Konsep yang dapat dilakukan PR dalam media digital yaitu dengan memanfaatkan big data (seperti kapan saja jam-jam audiens menggunakan handphone, menggunakan musik yang hits dikalangan target sasaran/audiens, menggunakan kata-kata yang lebih catch up, fast respon dalam menanggapi audiens, dan lain-lain).
Contact Person:
Rini Kartika Hudiono, S.Pd.,M.A.Â
(Head of Public Relation UKSW)
Gedung Administrasi Pusat UKSW Lantai 1 Jalan Diponegoro 52-60 Salatiga - Indonesia 50711
Telp: 0298-321212
Email: humas@uksw.edu
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H