Mohon tunggu...
Desy Putri
Desy Putri Mohon Tunggu... Administrasi - Pemerhati Pendidikan

Try to different ways

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Ilmu Komunikasi?

8 April 2021   11:30 Diperbarui: 8 April 2021   11:32 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
niekverlaan by pixabay

Menjelang pembukaan tahun ajaran baru, salah satu jurusan  yang cukup diiminati saat ini adalah jurusan Program Studi Ilmu Komunikasi. Hampir di setiap perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri telah memiliki fakultas komunikasi. Salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta yang telah membuka program studi ilmu komunikasi adalah Universitas Mercu Buana.

Universitas Mercu Buana mendirikan program studi Ilmu Komunikasi pada tahun 1994. Sejak tahun Akademik 1997/1998, program studi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana statusnya mulai terdaftar, diakui, dan disamakan. Hingga tahun 2000, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana meraih akreditasi B dan pada tahun 2005 telah naik akreditasinya menjadi akreditasi A. Hingga saat ini ada 3 konsentrasi di Fakultas Ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana, yaitu :

  • Konsentrasi Penyiaran (Broadcasting)
  • salah satu konsentrasi Prodi Fakultas Ilmu Komunikasi dimana mahasiswa akan dibekali dengan ilmu penyiaran, dari awal proses produksi program televisi baik berita maupun non berita.
  • Hubungan masyarakat (Public Relation)
  • Pada konsentrasi Humas, Mahasiswa harus mampu merumuskan dan memetakan strategi program kehumasan yang efektif bagi stakeholders, serta harus dilatih untuk mampu mengimplementasikan program strategi yang telah dibuat dengan tetap melakukan monitoring dan evaluasi program kehumasan.
  • Periklanan dan Komunikasi Pemasaran (Advertising and Marketing Communication)
  • Mahasiswa akan diberikan pengetahuan tentang konsep dasar -dasar ilmu pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, dasar-dasar periklanan, perilaku konsumen, manajemen merek, manajemen anggaran, perencanaan kreatif, dan media periklanan serta metodologi yang sesuai dengan etika periklanan. Dengan pengetahuan yang diberikan pada konsetrasi ini, nantinya mahasiswa akan mampu menganalisis suatu produk dan juga dapat menyusun strategi pemasarannya, serta mampu mengelola hubungan kerja yang baik dengan klien / stakeholders.

Dengan begitu luasnya cakupan dari Program Studi Ilmu Komunikasi, maka ranah kerja lulusan program studi Ilmu Komunikasi juga semakin luas. Tidak hanya terpaku pada area kerja penyiaran dan jurnalistik, lulusan ilmu komunikasi juga mampu menjadi seorang Public Relation yang handal, bahkan dengan kemampuan lebih pada bahasa, seorang public relation akan sangat dibutuhkan bagi perusahaan-perusahaan besar baik lokal maupun internasional dan ini berlaku juga bagi lulusan program studi Ilmu komunikasi yang berkonsentrasi pada periklanan dan pemasaran produk/jasa.

Salah satu yang area kerja lulusan Ilmu Komunikasi adalah digital communication. Digital communication merupakan ilmu komunikasi yang berkolaborasi dengan perkembangan teknologi saat ini. Beberapa pekerjaan yang menerapkan digital communication adalah Digital Creative Production, e-commerce, serta content creator, ketiganya merupakan area kerja terkini yang menerapkan prinsip dasar ilmu komunikasi dan pengaplikasiannya pada media teknologi terkini.

Ulasan artikel ini merupakan gambaran sekilas mengenai program studi Ilmu Komunikasi, terutama Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, beserta area pekerjaannya. Ilmu Komunikasi itu sendiri merupakan suatu ilmu yang kita selalu gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan perkembangannya cukup pesat dengan didukung kemampuan teknologi digital saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun