Pandemi Covid masih mendominasi pikiran warga dunia. Â Berbeda dari kebiasaan di akhir dan awal tahun biasanya, memasuki 2021 dunia seperti patah semangat. Â Nggak ada terdengar pembahasan mengenai tren 2021 ada apa sih? Â Apa warna dan gaya rambut, ataupun fashion yang cetar di 2021. Â Mungkin sih ada, tetapi bisa tren 2021 bergeser atau berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena terpenting saat ini pandemi berakhir.
Ini semua gara-gara Covid yang telah mengubah segalanya secara dratis. Â Terutama gaya hidup masyarakat dunia yang kini lebih fokus memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Â Contoh sederhana, mencuci tangan. Â Sebenarnya ini bukanlah hal yang sulit. Â Tetapi jika bukan karena Covid, sedikit orang peduli, padahal itu untuk dirinya sendiri.
Jadi menurutku sih, tren 2021 fokus kepada gaya hidup, contohnya:
Pola Hidup Sehat
- Kebiasaan
Sekarang ini memakai masker, lengkap dengan sanitizer di kantong sudah jadi paket lengkap. Â Bahkan tidak sedikit yang istilahnya triple protection membawa tissue basah dan disinfectant spray sekalian. Â Lumrah saat ini melihat orang menyemprotkan disinfectant spray dan membersihkannya meja di tempat umum dengan tissue basah. Â Termasuk juga kebiasaan mencuci tangan yang kini jadi ritual, sebelum dan sesudah meninggalkan ruangan. - Olah raga
Nah ini juga menjadi tren sejak pandemi. Â Sangking ngetrennya sehingga sepeda ikutan booming nggak peduli harganya. Â Nggak jelas juga sih kalau soal sepeda ini, apakah demi kesehatan, atau sekalian untuk gengsi. Â Lupakan apapun alasannya, yang pasti pandemi membuat orang mau berolahraga. Â Tidak punya sepeda juga banyak kok yang belain olahraga jalan kaki, atau lari-lari kecil di halaman rumahnya. Â Intinya, membangun benteng pertahanan tubuh, sekaligus juga menghilangkan stress akibat si Covid. - Makanan dan Minuman
Percayalah, makanan ini nggak ada matinya! Â Selalu mengikuti tren sekalipun di saat pandemi. Â Berbedanya, kecendrungan trennya sekarang kepada makanan sehat dan simple. Â Sebagai contohnya, minuman herbal temulawak masih menjadi kebiasaan di banyak keluarga. Â Selain juga rutinitas baru rajin minum jus sayur ataupun buah. Â Sedangkan untuk makanan semakin banyak keluarga mewajibkan anggota keluarganya makan sayur dan buah setiap kali makan.
- Tanaman
Kondisi pandemi yang mengharuskan dominan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) membuat banyak masyarakat terutama kaum hawa tertarik untuk memelihara tanaman hias. Â Senasib dengan sepeda, harga tanaman yang hits tidak terlalu menjadi soal. Â Terpenting bisa mencurahkan perhatian kepada tanaman, menjadi pengobatan stress. Â Sebenarnya sih ada baiknya, karena rasa bahagia memelihara bisa membangun imunitas, selain tentunya semakin banyak tanaman maka udara sekitar makin sehat. - Fashion
Tidak banyak yang bergeser. Â Justru orang lebih banyak memilih baju santai harian di rumah, karena memang kebanyakan aktivitas di lakukan di rumah saat ini. Â Sekalipun ada inovasi itu pada masker yang lebih beragam dan modis. - Makanan Cepat Saji
Pandemi membuat orang terpacu berkreativitas. Â Terlihat dari munculnya inovasi meal kits dan frozen food yang lebih bervariasi. Â Jika frozen food mungkin sudah banyak yang tahu, misalnya fillet ayam yang sudah dibekukan. Â Sedangkan, meal kits adalah layanan cepat saji berupa paket menu makanan yang bisa kita pesan sudah lengkap dengan bumbunya. Â Sehingga kita tinggal memasaknya saja di rumah. - Virtual Technologi dan Era Digital
Kondisi pandemi memaksa kita semua untuk menguasai tekhnologi dalam waktu singkat, alias memasuki era digital. Â Buktinya sekolah dan bekerja dominan virtual mengandalkan tekhnologi. Â Kondisi ini berdampak pada kehidupan, karena bersosialisasi pun sekarang dominan virtual! Â Belum lagi fakta, banyaknya bisnis yang tumbuh dengan menggunakan tekhnologi, alias berdagang di dunia maya, termasuk bimbel pun virtual! Â Padahal, sebelum pandemi hal-hal berbau tekhnologi dianggap sulit, dan menjadi barang mewah milik segelintir lapisan masyarakat.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!