Mohon tunggu...
Deswita Embe
Deswita Embe Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Semester 7

Mahasiswa tahun keempat yang memiliki minat dalam dunia jurnalistik~

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bentuk Media Pemasaran yang Efektif, Efisien, dan Tepat Sasaran

1 April 2024   21:05 Diperbarui: 1 April 2024   21:07 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam pemilihan bentuk media terdapat dua keputusan, yaitu media apa yang digunakan dan sarana apa yang dipakai. Ada satu metode yang dapat digunakan dalam pemilihan media, yaitu cost per thousand contacts comparison. Pada media ini pemilihan dilakukan berdasarkan jumlah kontak tanpa memperhatikan kualitas kontaknya. Metode selanjutnya juga dapat diukur melalui jangkauan (reach), kekerapan (frequency), dampak (impact), dan matching of audience and media characteristics.

Secara umum, media yang tersedia dapat dikelompokkan menjadi 5 (lima) yaitu, media sosial, media cetak, media elektronik, media luar ruangan, dan media lini bawah. Berikut penjabarannya:

1. Media Sosial

Malita (2011) mengatakan bahwa media sosial merupakan bentuk media yang mendeskripsikan teknologi online. Sebagian besar publik menggunakannya untuk berbagi pendapat, wawasan pengalaman, dan berbagi pandangan. Contoh media sosial yang dapat dimanfaatkan adalah Facebook, YouTube, dan TikTok. 

2. Media Cetak

Media cetak merupakan media yang statis (diam), pesan-pesan yang disampaikan mengutamakan sejumlah kata dan gambar. Bentuk-bentuk iklan dalam media cetak berupa iklan baris, suplemen, iklan layanan masyarakat, dan sebagainya. Jenis-jenis media dalam bentuk cetak adalah surat kabar (koran), majalah, brosur, selebaran, dan lain-lain.

3. Media Elektronik

Media dengan teknologi elektronik hanya bisa digunakan bila ada jasa transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik berupa sponsorship, iklan partisipasi, pengumuman acara atau film, dan lain-lain. Jenis dari media elektronik adalah televisi dan radio.

4. Media Luar Ruangan

Media luar luangan biasanya merupakan media iklan yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti dipinggir jalan, dipusat keramaian, dan ditempat khusus. Jenis-jenis dari media luar ruangan adalah billboard, baleho, umbul-umbul, spanduk, dan media besar lainnya.

5. Media Lini Bawah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun