Setelah sebelumnya sales membahas tentang gambaran aplikasi yang bisa dibuat oleh perusahaan untuk membantu kerja Sales dan mencapai target perusahaan secara sistematis. Berikut adalah keuntungan yang didapat apabila perusahaan sudah mendigitalisasi Sales.Â
Sales tidak akan mungkin dapat digantikan oleh robot. Karena manusia membutuhkan interaksi emosional untuk dapat melakukan transaksi dan memastikan apa yang dipesannya nanti sesuai dengan yang diharapkan.
1. Â Memudahkan Pencatatan & Analisis Data Pelanggan
- Customer aktif/non aktif
- Kontak pelanggan
- Riwayat pembelian
- Tipe pelanggan berdasarkan besaran pesanan
2. Memungkinkan sales untuk menganalisis data tersebut sehingga dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.
2. Â Mengoptimalkan Kinerja Sales
1. Â Penggunaan aplikasi secara mobile, sehingga tidak terpaku dengan tempat
2. Â Memungkinkan salesuntuk melakukan & mengelola penjualan secara pribadi dan real time
3. Â Sales dapat memonitoring dari mana saja dan kapan saja
3. Â Meningkatkan Efisiensi
1. Memberikan akses cepat dan mudah ke informasi mengenai produk yang dijualkan dan ketersediaan
2. Menggunakan reporting tools yang membantu mendapatkan data pelanggan, riwayat transaksi, dan analisis dashboard.
4. Â Mempercepat Proses Penjualan
1. Bertujuan membantu agar target tercapai
2. Menampilkan harga produk secara cepat dan tepat
3. Menampilkan dokumen-dokumen penjualan seperti faktur dalam bentuk pdf
4. Menampilkan customer mana saja yang belum bertransaksi namun ada di dalam data
5. Dapat menampilkan progres target dan Insentif yang sudah masuk
Dengan mendigitalisasi kerja Sales. Capaian akan lebih mudah dicapai dan dimonitoring perkembangannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H