Menurut KBBI, definisi target adalah sasaran (batas ketentuan dan sebagainya) yang telah ditetapkan untuk dicapai. Contohnya: Dhandy berhasil mecapai target-nya untuk menjadi milyader di usia 23 tahun.
Simpelnya, target itu merujuk pada angka atau kinerja tertentu yang diharapkan dicapai dalam jangka waktu tertentu.
Contoh: Target harian, target margin, taget laba, target penjualan, target pertumbuhan penjualan, dsb
Target sendiri merupakan jantung dari pekerjaan seorang Sales, sementara Sales adalah divisi yang menghasilkan bagi perusahaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Sales adalah tulang punggung perusahaan.
Karakteristik Target
Terdapat setidaknya dua karkteristik target: Top Down dan Bottom Up.
Top Down
Yaitu target yang dibuat oleh atas (pusat) dilimpahkan kepada regional, cabang, dst hingga sampai ke Sales Representative. Biasanya target Top Down dibuat berdasarkan Visi perusahaan di tahun itu dengan melihat trend di tahun-tahun sebelumnya. Apabila trend menunjukkan peningkatan dan terdapat isu-isu peluang di tahun ini. Maka perusahaan akan mencoba untuk menaikkan angka target untuk menguji perkembangan perusahaan dan permintaan pasar.
Bottom Up
Sementara target Bottom Up biasanya berdasarkan aktual pasar yang ada dan didapatkan data oleh Sales Representative, dinaikkan ke Supervisor, Manager, dst hingga ke pusat. Namun tipe penetapan target Bottom Up sangat jarang dilakukan. Biasanya dilakukan apabila ditemukan trend nasional penurunan permintaan pasar dan perusahaan membutuhkan data dari bawah untuk memvalidasi hal tersebut.
Target berdasarkan periode
- Target per tahun (Full Year)
- Target per bulan (Month to date/MTD)
- Target akumulasi (Year to date/YTD)
- Target Quartal (Q1,Q2,Q3,Q4)
- Target harian/daily (Target MTD dibagi jumlah hari kerja