Mohon tunggu...
Destya Ramadhan T. Saputra
Destya Ramadhan T. Saputra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Management Trainee di PT. Catur Sentosa Adiprana

Reach People by Value

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Apa itu Target? (Sales)

2 April 2023   18:50 Diperbarui: 2 April 2023   18:54 377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Menurut KBBI, definisi target adalah sasaran (batas ketentuan dan sebagainya) yang telah ditetapkan untuk dicapai. Contohnya: Dhandy berhasil mecapai target-nya untuk menjadi milyader di usia 23 tahun.

Simpelnya, target itu merujuk pada angka atau kinerja tertentu yang diharapkan dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Contoh: Target harian, target margin, taget laba, target penjualan, target pertumbuhan penjualan, dsb

Target sendiri merupakan jantung dari pekerjaan seorang Sales, sementara Sales adalah divisi yang menghasilkan bagi perusahaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Sales adalah tulang punggung perusahaan.

Karakteristik Target

Terdapat setidaknya dua karkteristik target: Top Down dan Bottom Up.

Top Down

Yaitu target yang dibuat oleh atas (pusat) dilimpahkan kepada regional, cabang, dst hingga sampai ke Sales Representative. Biasanya target Top Down dibuat berdasarkan Visi perusahaan di tahun itu dengan melihat trend di tahun-tahun sebelumnya. Apabila trend menunjukkan peningkatan dan terdapat isu-isu peluang di tahun ini. Maka perusahaan akan mencoba untuk menaikkan angka target untuk menguji perkembangan perusahaan dan permintaan pasar.

Bottom Up

Sementara target Bottom Up biasanya berdasarkan aktual pasar yang ada dan didapatkan data oleh Sales Representative, dinaikkan ke Supervisor, Manager, dst hingga ke pusat. Namun tipe penetapan target Bottom Up sangat jarang dilakukan. Biasanya dilakukan apabila ditemukan trend nasional penurunan permintaan pasar dan perusahaan membutuhkan data dari bawah untuk memvalidasi hal tersebut.

Target berdasarkan periode

  • Target per tahun (Full Year)
  • Target per bulan (Month to date/MTD)
  • Target akumulasi (Year to date/YTD)
  • Target Quartal (Q1,Q2,Q3,Q4)
  • Target harian/daily (Target MTD dibagi jumlah hari kerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun