5 Soft skill yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja |Â Tahukah kamu, soft skill merupakan Suatu hal yang penting dalam Dunia pekerjaan. Dalam dunia kerja, keterampilan-keterampilan yang tidak dinilai secara akademik seringkali Sangat diperlukan oleh perusahaan. Karena Dunia kerja bukanlah Dunia sekolah atau perkuliahaan. Para pemimpin atau karyawannya tidak mengerjakan serangkaian tes untuk mendapatkan profit atau keuntungan.Â
Soft skill sendiri merupakan kombinasi dari berbagai keterampilan seperti etika kerja, social skill, hingga keterampilan berkomunikasi. Dikatakan "soft" karena keterampilan tersebut tidak tampak secara langsung atau sult diukur. Singkatnya, untuk mendukung pekerjaan agar bisa berjalan dengan baik kamu harus memiliki soft skill. Berikut 5 soft skill yang dibutuhkan dalam Dunia kerja, simak artikelnya!
1) Keterampilan berkomunikasi
Keterampilan berkomunikasi adalah salah satu soft skill yang dibutuhkan dalam Dunia kerja. Aspeknya beragam dari keterampilan mengutarakan pendapat hingga keterampilan mendengarkan.Â
2) Team work
Kemampuan ini termasuk yang kompleks. Keterampilan ini syaratnya harus memiliki kepribadian yang tidak egois, tidak subjektif, dan tidak narsis. Selain itu kamu juga harus belajar untuk tidak mudah sakit hati. Team work ability membutuhkan kemampuan berpikir yang bijak dalam Melihat segala sesuatunya.
3) Leadership
Kamu wajib belajar leadership jika ingin membangun karir setinggi-tingginya. Aspek dalam leadership antara lain berani mengambil resiko, kedisplinan dalam berusaha, hingga kemampuan mengatur orang lain sesuai jobdescnya. Jika ingin menguasai keterampilan ini, mulailah berpikir dan bertindak secara independen. Karena leadership tidak bisa dipelajari secara instan.Â
4) Problem solving
Yang kita ketahui, Dunia kerja adalah dunia yang penuh dengan masalah. Maka dari itu kamu perlu menguasai keterampilan menyelesaikan masalah atau problem solving. Keterampilan tersebut menjadikan kamu agar bisa menemukan dan mengimplementasikan solusi atau masalah yang dihadapi dengan efektif dan efisien.Â
5) Networking