Mohon tunggu...
Desti Noer Ambarwati
Desti Noer Ambarwati Mohon Tunggu... Guru - Pelajar

Jangan lupa bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Money

Lah Kok Tahu Tempe Ngilang?

2 Januari 2021   20:09 Diperbarui: 2 Januari 2021   20:10 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dini hari tadi tepatnya jam 8 pagi saya pergi ke pasar. Seperti biasa, saya memilah memilih bahan makanan yang akan dimasak  hari ini. Awalnya, saya berencana akan membeli tahu/tempe, namun ketika saya berkeliling dari ujung ke ujung, saya sama sekali tidak menemukan satu buah tahu/tempe yang di simpan di rak para pedagang kaki lima.

Awalnya saya menganggap memang 'sudah habis' dan memutuskan untuk membeli bahan makanan lain.
Namun saya penasaran akan hal ini, sampai saya searching mengapa dan ada apa?

Ternyata, di lansir dari cnbcindonesia.com bahwa harga kacang kedelai naik 35% sehingga pengrajin tahu/tempe mogok untuk produksi.

Saat ini harga kedelai sampai Rp 9.200 - Rp 10.000/Kg, bahkan ada yang lebih dari Rp 10.000/Kg. Padahal biasanya harga normal di angka Rp. 6.500 - Rp 7.000 per Kg. Sadar kenaikan harganya sudah tidak wajar, Ia dan kawan-kawan pengrajin coba mencari tahunya sendiri. Alhasil, ada dugaan importir melakukan permainan harga yang mencekik pengrajin tempe dan tahu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun